Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Ketika Menjadi Unik adalah Anugerah

Beberapa waktu lalu di Gedung Menara Rajawali, Dr. Maryke Silalahi Nuth, S.H., LL.M., MICTL. yang merupakan alumni Fakultas Hukum peminatan Hukum Perdata Unika Atma Jaya angkatan 1994 bercerita tentang pengalaman pengembangan diri yang seimbang selama berkuliah di Unika Atma Jaya dulu. Cara berbicaranya yang asik dan informatif membuat cerita Maryke semakin menarik untuk disimak. Beliau saat ini kebanyakan berdomisili di negara Norwegia. Selain menjadi pengacara Of counsel di lawfirm, beliau menjabat sebagai salah satu penasehat ahli negara Norwegia dalam mendigitalisasikan sektor kesehatan. Beliau juga ditunjuk oleh Raja Norwegia untuk duduk sebagai anggota badan setingkat mahkamah agung dan bertugas mengadili perkara-perkara banding tingkat akhir (kasasi) khusus untuk bidang data protection and information security di Norwegia.

 

Dr. Maryke Silalahi Nuth, S.H., LL.M., MICTL

 

Di era digital seperti saat ini, perkembangan teknologi informasi merupakan arus yang tak terelakkan. Setiap hari kita pasti menggunakan perangkat digital kita. Tanpa kita sadari, semakin banyak juga peraturan yang berlaku terkait teknologi informasi. Maryke merupakan pengacara yang ahli di bidang teknologi informasi. Beliau menempuh S2 di dua negara, yaitu di Australia pada bidang Corporate dan di Oslo pada bidang teknologi informasi, kemudian mengambil S3 dan post doc di Oslo, untuk melanjutkan spesialisasinya di bidang teknologi informasi.

 

Maryke sangat menyayangkan kondisi pengacara di bidang teknologi informasi di Indonesia yang masih sangat minim. Di Indonesia, teknologinya sudah maju, penggunaan teknologi juga sangat tinggi. Seharusnya hal ini diimbangi dengan semakin meningkatnya kualitas maupun kuantitas pengacara teknologi informasi. Maryke berharap supaya mahasiswa lulusan Fakultas Hukum Unika Atma Jaya, tidak berfokus kepada bidang yang sudah banyak diminati oleh beribu lulusan lainnya. Menjadi unik dan ahli di bidang yang jarang diminati, merupakan kesempatan emas untuk memiliki karir yang gemilang.

 

Prestasi Maryke sudah menonjol dari bangku kuliah. Beliau lulus dalam waktu 3,5 tahun, dengan IPK hampir sempurna yaitu 3,97, Maryke sangat aktif dalam berorganisasi, sering diundang untuk menjadi pembicara selama masih menjadi mahasiswa hingga setelah lulus dari Unika Atma Jaya, bahkan pada tahun 1996 Maryke termasuk dalam “Top Student Indonesia” yang diadakan oleh Astra.

 

Maryke berharap agar generasi saat ini, untuk lebih berani mengekspresikan diri dan mencari pengalaman sebanyak mungkin selama di bangku kuliah. Belajar berorganisasi, belajar dari kesalahan, belajar membagi waktu, belajar untuk mendorong diri di luar batasan yang kita bisa bayangkan. Maryke sangat membanggakan Unika Atma Jaya yang selalu mendukung secara positif kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswanya.

 

“Saya sangat mendukung kegiatan mahasiswa, karena identitas diri kita tidak hanya dibentuk dari kelas, tetapi juga dari pengalaman berorganisasi. Orang yang biasa berorganisasi akan berbeda dengan orang yang jarang atau tidak berorganisasi. Dengan berorganisasi, tujuan bersama dicapai dan kita dibiasakan bekerja sama untuk mencapai tujuan tersebut. Jika di kelas, kita hanya mencapai tujuan diri sendiri,” tutur Maryke di ujung ceritanya. (JJ)

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom