Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Jawab Tantangan Digitalisasi BUMN Libatkan Akademisi Perguruan Tinggi

Jakarta, 1 Oktober 2019 - Institut Akuntan Manajemen Indonesia (IAMI) melangsungkan Seminar Nasional: IAMI Call for Essay and Papers National Conference and Seminar dengan tajuk “Digitalisasi dan Prospek Bisnis BUMN sebagai Lokomotif Pembangunan Ekonomi Bangsa”.

 

BUMN sebagai penggerak perekonomian nasional yang menguasai sumber daya milik negara dan memiliki fungsi untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat, dirasa perlu untuk melakukan transformasi organisasi dalam pengelolahannya dalam era digital seperti sekarang ini. Hal ini perlu dilakukan mengingat persaingan ketat dengan perusahaan swasta, khususnya startupdan juga fintech.

 

Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementrian BUMN RI dan Ketua Umum Institut Akuntan Manajemen Indonesia (AIMI)

 

Gatot Trihargo, Deputi Bidang Usaha Jasa Keuangan, Jasa Survei dan Konsultan Kementrian BUMN RI, menyampaikan bahwa melalui BUMN kedepannya Indonesia memiliki visi sebagai negara industri yang kuat dan tangguh, khususnya industri maritim, yang diharapkan mampu menghidupi seluruh masyarakat Indonesia.

 

“Maka itu BUMN, dalam hal ini Pemerintah, mengajak profesor, dosen, mahasiswa untuk menerapkan pengabdian pada masyarakat. Kami sudah bekerja sama dengan beberapa universitas salah satunya dalam program profesor masuk desa. Program ini dimaksudkan agar BUMN mengatahui apa saja problematika dan solusi untuk setiap daerah atau desa di Indonesia. Kontribusi dari institusi pendidikan juga sangat penting bagi kami untuk memajukan ekonomi Indonesia secara keseluruhan," ujar Gatot yang juga merupakan Ketua Umum Institut Akuntan Manajemen Indonesia (AIMI).

 

Sudimin Mina, Direktur Microsoft Indonesia saat menyampaikan paparannya

 

Sudimin Mina, Direktur Microsoft Indonesia, membahas mengenai Overview Digitalisasi & Cybersecurity Readiness, mengingatkan mengenai bahaya kejahatan siber yang mengintai bisnis digital di Indonesia. Dewasa ini, Sudimin menyebut bahwa isu keamanan siber perlu menjadi perhatian penting tidak hanya bagi pelaku bisnis atau organisasi tapi juga bagi tiap pengguna teknologi terlebih terkait keamanan privasi data pengguna.

 

Dr. Irenius D. Bimo, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya, menyambut baik kegiatan Call for Essay and Papers (CFEP)oleh AIMI ini. Menurutnya ini merupakan kesempatan yang baik bagi para akademisi untuk meningkatkan daya inovasi dan kualitas kajian penelitian yang baik bagi kontribusi bagi perkembangan bangsa terutama perkembangan BUMN ditengah-tengah euphoria era revolusi industri 4.0.

 

Dr. Irenius Bimo, Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Unika Atma Jaya saat memberikan sambutan

 

“Unika Atma Jaya terus berusaha meningkatkan mutu pendidikan melalui pembaruan kurikulum , inovasi proses pembelajaran, termasuk para dosen yang aktif dalam penelitian yang melibatkan dengan industri,” tuturnya.

 

IAMI CFEP 2019 merupakan kegiatan tahunan pertama yang dilakukan oleh IAMI di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Unika Atma Jaya). IAMI berharap dengan melibatkan para akademisi, dapat memberikan pendangan baru bukan hanya bagi para Akuntasn Manajemen di BUMN tetapi juga untuk para pemangku kepentingan (stakeholders) BUMN.

 

Sebagai tuan rumah, Magister Akuntansi (MAKSI) Unika Atma Jaya diantara 12 perguruan tinggi mitra di Indonesia ikut terlibat dalam suksesnya kegiatan ini. Kepala Program Studi Magister Akuntansi Unika Atma Jaya, Dr. Christiana Yuliana, CPMA., berkata kalau acara ini menjadi wadah relasi yang baik antara perguruan tinggi dan semua asosiasi profesional yang berorientasi penelitian akuntansi serta regulator untuk pengambilan keputusan.

 

“IAMI 1 st Call for Essay and Paper yang diadakan di Unika Atma Jaya dilakukan dengan tujuan untuk menjembatani gap yang terjadi antara para praktisi dan peneliti akuntansi di seluruh Indonesia dan meningkatkan kualitas penelitian akuntansi bernuansa praktis,” tutur Christiana Yuliana.

 

Kelanjutan acara IAMI 1st Call for Essay and Paper adalah ASEAN CPA di Bali.  Tiga pemenang utama IAMI 1st CFEP mendapat fasilitas conference free. ASEAN CPA sendiri adalah konferensi dibawah P2PK Kementerian Keuangan (yang mewadahi IAMI, IAI, IAPI) dan AMCI sekretariat Asean untuk para CFO, akuntan professional di perusahaan, auditor kantor akuntan publik dan pemerintahan. Sebanyak 500 akuntan professional seluruh ASEAN akan hadir.

 

Foto bersama seluruh pembicara dalam Seminar Nasional- IAMI Call for Essay and Papers National Conference and Seminar pada Senin (30/9)

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom