Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Friday Coffee Break: How to Master Self Defense with Simple Martial Art

Para peserta melakukan salah satu teknik dari pukulan dasar

 

Jakarta, 11 April 2018 – Biro Marketing, Public Relations and Admission (BMPRA) Unika Atma Jaya kembali mengadakan Friday Coffee Break dengan tema “How to Master Self Defense with Simple Martial Art” pada Jumat (6/4) dengan menghadirkan Aaron Sherbiyan, salah satu mahasiswa Unika Atma Jaya yang merupakan atlet tarung derajat DKI Jakarta. Dalam acara ini turut hadir Wakil Rektor III Unika Atma Jaya, dr. Tommy N. Tanumihardja, Sp.An.

 

Sebelum memulai acara, Aaron memperkenalkan sebutan untuk memanggil satu sama lain yang sudah diterapkan dalam tarung derajat, yaitu ‘kang’ untuk laki-laki dan ‘teteh’ untuk perempuan.

 

Menurut Aaron, bela diri bukan untuk mencederai seseorang, bukan untuk menjadi jagoan, tetapi yang paling utama adalah untuk menaklukan diri sendiri. “Tujuan dari bela diri adalah untuk melatih kita dalam hal yang ditakuti dan hal yang berani dalam diri sendiri,” ujar Aaron.

 

dr. Tommy N. Tanumihardja, Sp.An. saat melakukan salah satu gerakan bela diri

 

Kejahatan yang timbul terkadang bukan berasal dari orang lain, tetapi dari diri sendiri. Aaron memberi contoh seperti saat berada di Transjakarta, seorang wanita dicolek oleh seorang pria. Wanita tersebut tidak memberikan teguran dan bersikap diam terhadap tindakan tersebut, sehingga si pria beranggapan bahwa wanita tersebut merasa tidak apa-apa atas perlakuan tersebut. Hal inilah yang menyebabkan kejahatan akan timbul dan mengakibatkan hal yang berbahaya bagi diri sendiri.

 

“Aku ramah, bukan berarti takut. Aku tunduk, bukan berarti takut,” begitu moto dari bela diri tarung derajat. “Kalau anda bisa bela diri, anda tidak perlu takut. Lakukan apa yang perlu anda lakukan untuk melindungi diri sendiri,” ucap Aaron.

 

Setelah memberikan penjelasan singkat mengenai bela diri serta memperkenalkan tarung derajat sebagai salah satu jenis bela diri, Aaron memberikan beberapa teknik dasar dalam melatih diri sendiri saat berada di situasi yang berbahaya. Dimulai dari pemanasan, beberapa pukulan dasar, dan teknik menendang. (IO)

Foto bersama diakhir acara

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom