Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Festival Film Kesehatan Jiwa ke-4

Senin, 29 Oktober 2018 – Program Magister Psikologi Unika Atma Jaya mempersembahkan Proyeksi Jiwa: Festival Film Kesehatan Jiwa ke-4 (Projiwa 4) dengan tema “Young People and Mental Health in a Changing World dan Tantangan Perkembangan Teknologi pada Kesehatan Jiwa Pemuda Indonesia”. Seminar yang diadakan di Kampus 1 Semanggi Unika Atma Jaya pada Senin (23/10) ini menghadirkan dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K), Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M. Hum., Psikolog, Inez Kristanti M. Psi., Psikolog sebagai narasumber dan Dr. Lidia Laksana Hidajat, MPH., Psikolog sebagai moderator.

 

Seminar ini adalah seminar Projiwa ke-4 yang digagas oleh Program Magister Psikologi Unika Atma Jaya, diadakan setiap tahun di bulan Oktober karena bertepatan dengan hari “Kesehatan Jiwa Dunia” yang jatuh pada tanggal 10 Oktober. Seminar ini dibagi menjadi dua sesi, yaitu sesi diskusi publik dan tanya jawab dilanjutkan dengan sesi menonton Film Indonesia.

 

Suasana Projiwa 4.

 

“Menurut saya, hal yang dapat mengubah kesehatan mental jiwa saat ini adalah teknologi (internet). Teknologi berperan besar dalam mengubah kesehatan mental jiwa,” ujar Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M. Hum., Psikolog.

 

Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M. Hum., Psikolog dalam sesi diskusi publik.

 

Sedangkan menurut pengalaman dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K), banyak pasien yang menceritakan masalah kesehatan jiwa karena faktor keluarga. “Orang tua tidak dapat mendengarkan cerita anak-anaknya sehingga membuat sang anak bingung harus bercerita dengan siapa. Akhirnya sang anak memanfaatkan teknologi untuk membagikan pengalaman-pengalamannya karena komunikasi dengan orang tua sudah tidak sehat,” papar  dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K).

 

dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K) dalam sesi diskusi publik.

 

Ketiga pembicara mengingatkan peserta bahwa hal yang penting dalam kesehatan mental jiwa adalah keterbukaan dan komunikasi. Keterbukaan dan komunikasi dengan orang tua dan sesama yang baik akan membuat pemuda dapat terlatih dan tangguh dalam menghadapi berbagai masalah.

 

(dari kiri ke kanan) dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K), Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M. Hum., Psikolog, Inez Kristanti M. Psi., Psikolog dan Dr. Lidia Laksana Hidajat, MPH., Psikolog.

 

Program Magister Psikologi Unika Atma Jaya mengadakan seminar Projiwa karena peduli terhadap kesehatan jiwa pemuda saat ini. “Kami ingin berkarya untuk bisa dirasakan oleh masyarakat, karena seringkali kepedulian jiwa itu hanya dapat dirasakan pada sekmen tertentu (kalangan menengah ke bawah). Dari rangkuman ini ada misi yang harus kita lakukan. Semoga ini dapat menjadi aksi nyata kami,” ujar Dra. Eunike Sri Tyas Suci, PhD., Psikolog selaku ketua acara. (BY)

 

Foto bersama Dra. Eunike Sri Tyas Suci, PhD., Psikolog, Inez Kristanti M. Psi., Psikolog, Dr. Elizabeth Kristi Poerwandari, M. Hum., Psikolog,  dr. Gitayanti Hadisukanto, Sp.KJ(K), dan Dr. Lidia Laksana Hidajat, MPH., Psikolog.

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom