Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Dari Street Food hingga Healthy Food, Semua Ada di Sobat Lapar

Hai guys! Siapa di sini yang nggak punya Instagram? Kebanyakan dari kita tentu punya akun Instagram dong ya, apalagi generasi milenial. Nah, kalau kalian sering main Instagram, kalian pasti pernah melihat akun yang membahas tentang makanan, atau yang kita kenal dengan food blogger. Membahas tentang food blogger, di Unika Atma Jaya juga ada, lho! Salah satunya adalah Karolina Winayanti atau yang kerap dipanggil Olin, alumni Prodi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya angkatan 2014.

 

Olin dari Sobat Lapar

 

Berawal dari kesenangannya mengupload foto-foto makanan diakun Instagram pribadinya sejak tahun 2016, Olin akhirnya memutuskan untuk menyalurkan hobinya dengan membuat akun Instagram yang ia namakan “Sobat Lapar”. Kini, selain menjadi food blogger, Olin juga sedang fokus untuk membuka bisnis sendiri, lho! Keren, ya!

 

Tahun ini, Sobat Lapar mau memberikan sesuatu yang berbeda. Kalau sebelumnya Sobat Lapar lebih banyak membahas tentang street food, sekarang Sobat Lapar akan lebih fokus untuk memberikan review dan membagikan makanan yang lebih sehat. Pas banget nih buat kalian yang punya resolusi untuk hidup lebih sehat di tahun 2019, tunggu dan follow dulu saja ya Instagram @Sobatlapar!

 

Wah, terlihat lezat ya

 

Oh iya, guys. Beberapa waktu lalu, foto Sobat Lapar sudah pernah dimuat di media online, yaitu liputan6.com, lho! Tidak cuma itu, Sobat Lapar juga banyak bekerja sama dengan berbagai brand besar, seperti Nescafe, Caaya Danone, Novus Giri, Tim Tam, Festival Kecap Bango, Bali Hai, Beer Bintang, dan Holiday Inn Express. Sobat Lapar juga membantu berbagai restoran dalam memasarkan usahanya.

 

Sobat Lapar juga bekerja sama dengan Tim Tam, lho!

 

 

Kecap Bango, salah satu kerja sama dengan Sobat Lapar

 

Menjadi food blogger tentu tidak mudah. Menurut Olin, tantangan yang dihadapi selama menjadi seorang food blogger diantara ribuan food blogger lainnya adalah dari segi kemampuan.

 

“Tantangan yang aku hadapi cukup banyak, salah satunya dari kemampuan setiap food blogger yang berbeda. Banyak yang kemampuannya lebih daripada aku, dari segi fotografi makanan, styling makanan, review makanan, dan pengalamannya (jam terbang). Dari situ aku banyak belajar dari mereka, melihat kemampuan yang lebih daripada aku untuk dipelajari dan coba untuk bisa mencapai ke titik itu,” jelas Olin.

 

Jadi lapar ya kalau lihat fotonya

 

Nah, untuk teman-teman yang mau mencoba untuk jadi blogger, baik dari segi fashion, food, lifestyle, atau lainnya, Olin punya beberapa tips nih. Pertama, explore diri sendiri dulu, apa bidang yang kalian suka.

 

“Jangan hanya karena tren atau melihat ‘oh jadi food blogger enak ya dapat makanan gratis dan lain-lain’, karena kalau hanya lihat tren pasti untuk jangka panjangnya jadi cepat bosan dan sulit fokus pada bidang tersebut. Kalau memang ingin di dunia makanan, bisa foto pakai handphone dulu untuk coba-coba,” jelas Olin.

 

Tips kedua dari Olin, jangan bosan untuk belajar dan jangan cepat puas. Karena sekarang dunia media sosial sangat mempengaruhi, pastinya semakin banyak ilmu yang dapat kita pelajari dari sana secara gratis.

 

“Misal kalau di food blogger, aku banyak belajar dari akun @anakjajan, @eatandtreats, dan @inijie. Dari sisi segi kesehatan diri, aku banyak belajar dari @hansboling, @yuliabaltschun, dan @sabrinachairunnisa,” kata Olin.

 

Ketiga, selalu positif dan jadi diri sendiri. Kehidupan blogger lebih terlihat di media sosial, jadi harus banyak menyebarkan hal positif untuk orang lain dan menunjukkan diri kita sendiri seperti apa, jangan menjadi orang lain. Keempat, fokus dan konsisten.

 

“Hal ini yang menurut aku cukup sulit, karena aku sendiri juga masih berusaha untuk tahap ini. Aku selalu pasang tujuannya mau apa, jadi kalau lagi di titik jenuh dan ingat akan tujuan ke depan, jadi semangat kembali,” ujar Olin.

 

Sobat Lapar menjadi Key Opinion Leader untuk Mie Sedaap

 

Ke depannya, Olin berharap Sobat Lapar dapat terus berkembang dan menginspirasi banyak orang.

 

“Semoga Sobat Lapar dapat memberikan inspirasi yang lebih positif dan berguna kepada khalayak, membangun koneksi secara lebih luas, membantu restoran untuk memasarkan bisnisnya, bekerja sama dengan berbagai brand, membuka lapangan pekerjaan bagi orang lain, dan belajar untuk lebih baik lagi daripada sebelumnya,” ujar Olin.

 

Sukses terus untuk Olin dengan Sobat Lapar-nya! Untuk teman-teman yang ingin mengikuti jejak Olin, ditunggu dan tetap semangat! (RFS/KE)

 

Kalender
S S R K J S M
1 2 3 4 5 6 7
8 9 10 11 12 13 14
15 16 17 18 19 20 21
22 23 24 25 26 27 28
29 30 31
bottom