Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Collaborative Initiatives: Sinergi Dunia Kampus dan Kerja untuk Merespons Era Disrupsi

Suasana para alumni saat berdiskusi

 

Unika Atma Jaya mengadakan Gathering Alumni dengan tema “Collaborative Initiatives: Sinergi Dunia Kampus dan Kerja Untuk Merespons Era Disrupsi” di Auditorium Yustinus lantai 15, Kampus 1 Semanggi pada Jum’at (25/5).

 

Rektor Unika Atma Jaya Dr. Agustinus Prasetyantoko membuka acara dan dalam sambutannya menyampaikan “Kami sebagai institusi pendidikan tinggi dimana bapak dan ibu sekalian pernah ada disini, memiliki kegalauan untuk menghadapi situasi yang terus berubah, bahkan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Maka, kampus sedang menyesuaikan diri dengan segala situasi yang berubah itu. Untuk itu salah satu tujuan dari acara ini kita ingin mengenal perubahan tersebut secara konkrit dari bapak dan ibu sekalian yang berada dalam dunia kerja.”

 

Rektor juga menambahkan beberapa hal penting bagi Unika Atma Jaya dimasa yang akan datang. Pertama, beliau ingin Unika Atma Jaya dikenal sebagai universitas yang memiliki rekognisi baik di tingkat regional dan internasional. Kedua, Unika Atma Jaya menggunakan digital literate pada metode pembelajaran, dan dapat dipertimbangkan untuk masuk ke dalam inti bisnis. Ketiga adalah Unika Atma Jaya tidak kehilangan karakter yaitu nilai inti kepedulian.

 

Acara dilanjutkan sesi diskusi yang dipandu oleh alumni Unika Atma Jaya tahun 1989 di Fakultas Ekonomi, yaitu Benny Purnomo yang sekarang menjabat sebagai Presiden Direktur PT Bank MNC Internasional Tbk.

 

Benny Purnomo, salah satu alumni Unika Atma Jaya

 

Benny Purnomo membahas tiga hal yang menjadi perubahan saat ini, yaitu dampak teknologi digital, seperti aplikasi Go-Jek dan sejenis sudah merubah gaya hidup masyarakat saat ini. Berikutnya adalah konsumsi barang menjadi konsumsi pengalaman, misalkan ketika makan di restoran dengan suasana yang bagus kemudian difoto lalu diposting di media sosial. Terakhir adalah sharing economy, contohnya seperti aplikasi Uber yang merupakan perusahaan taxi online tanpa mempunyai taxi, dalam hal ini teknologi dapat mempertemukan antara supply dan demand tanpa harus mempunyai supply dan inilah yang mengubah cara kerja. Sehingga dampak dari perubahan ini adalah berupa perubahan pola kerja serta perubahan struktur pengeluaran.

 

“Mahasiswa seperti apa yang dibutuhkan untuk bisa memenuhi kebutuhan seperti ini, lulusan seperti apa yang dibutuhkan untuk memenuhi kebutuhan seperti ini. Itu tantangan yang akan dihadapi oleh universitas,” ujar Benny Purnomo.

 

Jika dulu hanya berkompetisi dalam ilmu pengetahuan, tetapi berbeda dimasa sekarang diperlukan kompetisi dalam kreativitas, belajar, dan berpikir. Sehingga diperlukan untuk merubah cara belajar, yang sebelumnya hanya berdasarkan pada ilmu pengetahuan, menjadi bagaimana membuat mahasiswa setelah lulus nanti mempunyai keahlian, kreativitas, imajinasi yang tinggi, mau belajar, serta berpikir secara independen.

 

Melalui acara ini, Unika Atma Jaya bergandeng tangan bersama alumni melakukan kolaborasi dalam menyiapkan para lulusan yang bukan hanya siap berkompetisi di era global dan digital, tetapi juga memberi warna dalam perubahan itu. (IO/CTF)

 

Foto bersama para alumni

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom