Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Claudia Zefanya: Who You Are Tomorrow Begins What You Do Today

 

Claudia Zefanya.

 

Menjadi seorang mahasiswa tentu memiliki harapan meraih pretasi baik di bidang akademis ataupun non-akademis. Hal ini bukan berarti tuntutan semata, tetapi dapat menjadi kebanggaan tersendiri. Prestasi yang ditorehkah pula dapat menjadi modal saat meniti karir ke depannya.

 

Meraih predikat lulusan terbaik tingkat universitas bukan sesuatu yang asing lagi. Lebih dari itu, hal tersebut dapat menjadi suatu kebanggaan luar biasa bagi diri sendiri. Hal ini dirasakan oleh Claudia Zefanya, atau yang biasa dipanggil Anya, mahasiswa Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya angkatan 2014 yang menjadi salah satu lulusan terbaik pada wisuda tahun 2018.

 

Anya bercerita bahwa selama empat tahun berkuliah, dari setiap hal yang dilakukannya, dia memiliki motivasi untuk melampau batas dirinya. “I just want to break my limit and set a new limit of myself. I want to challenge myself, can I do all of this things?” ungkap Anya.

 

Anya juga bercerita bahwa dirinya adalah tipe orang yang penasaran dan ambisius terhadap sesuatu hal yang belum pernah dicoba. Apapun yang dia lakukan, baik itu sesuai atau tidak dengan ekspektasinya, pasti akan dijadikan tolak ukur untuk dirinya.

 

“Jadi setiap apapun yang saya lakukan, saya selalu mencoba memberikan versi yang paling baik dari diri saya. Ternyata usaha itu membuahkan hasil dan membawa saya sebagai salah satu lulusan terbaik Unika Atma Jaya,” kata gadis kelahiran tahun 1996 tersebut.

 

Anya menegaskan bahwa semua hal yang diraihnya, percaya atau tidak, semua itu berawal dari mimpi dan pikirannya. Tentunya juga tidak lepas dari dukungan orang-orang terkasih di sekelilingnya.

 

“Tentu ada rasa bangga ketika menjadi salah satu lulusan terbaik di Unika Atma Jaya. Hal yang membuat saya selalu semangat adalah saya hanya ingin membuat orang-orang yang saya kasihi di sekitar saya bangga dengan apa yang saya raih, apalagi kalau ilmu yang saya dapat bisa saya bagi dan jadi berkat untuk banyak orang,” ujar Anya.

 

Pengalaman Berkuliah

Selama berkuliah di Unika Atma Jaya, Anya memiliki lebih banyak pengalaman seru, terutama pengalaman di luar kelas. Anya sering mengikuti berbagai acara yang diadakan oleh Prodi Ilmu Komunikasi untuk bertemu serta berdiskusi dengan orang-orang ahli dalam bidang komunikasi atau bidang lainnya.

 

Tidak hanya itu, karena Anya juga aktif di organisasi kampus, dia bertemu dengan banyak teman dari berbagai fakultas dan bisa bertukar pikiran serta menambah relasi. “Kalau pengalaman selama di perkuliahan itu pasti ada suka dukanya. Tapi untungnya selalu punya sahabat-sahabat yang bisa bantu kita di saat apapun. Teamwork di perkuliahan itu sangat berpengaruh untuk saya pribadi,” kata Anya.

 

Anya saat mengikuti program student exchange di Jerman.

 

 

Bagi Anya, pengalaman yang paling berkesan selama berkuliah di Unika Atma Jaya yaitu ketika dirinya mendapatkan beasiswa dari Erasmus+ untuk mengikuti pertukaran pelajar ke Jerman selama satu semester.

 

Anya bercerita banyak pengalaman yang didapatkan selama di Jerman, selain bisa jalan-jalan keliling Eropa, dia juga mempelajari budaya, bahasa dan tentunya mempelajari public relations dari pendekatan yang berbeda. Selama di sana, dirinya juga belajar hidup mandiri dan berbaur dengan orang lokal dan budaya di sana.

 

“Ini merupakan pengalaman yang berksesan sekali. Saat itu saya benar-benar senang karena tidak menyangka kalau mimpi untuk bisa sekolah di luar negeri jadi kenyataan. Super fun!” ungkap Anya.

 

Harapan Ke Depan

Dengan meraih predikat lulusan terbaik tentu menjadi modal tersendiri bagi Anya untuk meniti jenjang karirnya. Setelah lulus, Anya berkeinginan untuk bekerja di bidang public relations dan tentunya tetap ingin terus mengembangkan diri.

 

Selain itu, Anya juga memiliki rencana untuk dapat melanjutkan pendidikan pascasarjana, baik itu di Indonesia atau di luar negeri. Bagi dirinya, sebagai seorang mahasiswa harus ambil setiap kesempatan yang ada.

 

“Kita yang harus aktif mencari kesempatan itu dan segera mungkin ambil kesempatan itu sebelum hilang atau jatuh ke tangan orang lain. Nikmati setiap proses yang ada di perkuliahan seperti seminar-seminar, organisasi, dan lainnya,” kata Anya.

 

Anya berpesan, selagi masih menjadi mahasiswa, ambil setiap kesempatan yang ada untuk mengembangkan diri dan memperbanyak teman. Lakukan semuanya dengan totalitas. Who you are tomorrow begins what you do today. (CTF)

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom