Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Artikel Student Camp 2017 Nationwide University Network in Indonesia (NUNI)

 

Presidential Forum, Annual Meting, dan Student Camp 2017 Nationwide University Network in Indonesia (NUNI) diadakan tanggal 21-23 Oktober 2017 di Semarang. NUNI merupakan sebuah kolaborasi strategis antara universitas di Indonesia dalam memberikan dampak yang lebih besar. Student Camp 2017 pertama ini mengambil tema "University as a Backbone of Social Leadership : The Development of The Coastal Area in Semarang" dan bertempat di tiga universitas di Semarang, Universitas Diponegoro, Universitas Katolik Soegijapranata, dan Universitas Islam Sultan Agung. Kegiatan ini ditujukan agar universitas dapat berkolaborasi dan memberikan kontribusi nyata kepada masyarakat, sebagai penggerak masyarakat untuk meningkatkan kesejahteraan bangsa.

 

Kegiatan diawali dengan kata sambutan oleh Wakil Rektor Universitas Diponegoro dan dilanjutkan dengan pemaparan materi mengenai kesejahteraan dan keadaan mengenai daerah pesisir Tambak Lorok di Semarang. Hari kedua, para peserta diajak untuk survei langsung ke daerah pesisir Tambak Lorok dan hasil dari survei dipresentasikan pada hari ketiga di depan beberapa rektor universitas member NUNI.

 

Isu yang diangkat pada student camp adalah mengenai keadaan yang memprihatinkan di Tambak Lorok dimana belum adanya kesadaran warga untuk hidup dengan kesejahteraan lebih baik. Berdasarkan penelitian, setiap tahun terjadi penurunan tanah di daerah Tambak Lorok sehingga warga harus menaikkan rumah setiap tahunnya. Sedangkan keluarga yang mempunyai tingkat ekonomi rendah tidak punya dana untuk menaikkan rumah mereka sehingga banyak rumah yang "tenggelam" karena turunnya tanah yang signifikan. Beberapa masalah ini menjadi topik kami dalam membuat sebuah opini kritis sampai menghasilkan solusi untuk ditawarkan pada pihak pembuat keputusan.

 

Selain meningkatkan pengetahuan dalam isu-isu di masyarakat, kegiatan ini memperkuat hubungan mahasiswa antar universitas member NUNI serta sebagai ajang pertukaran budaya peserta dengan latar belakang berbeda-beda. Kegiatan ini diharapkan dapat dilakukan lagi tahun depan agar dapat membawa perubahan pada masyarakat.

|bmf|

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30  
bottom