Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Unit » Info Unit

Sejarah Pusat Pengembangan Etika

Pusat Pengembangan Etika (PPE) didirikan pada tanggal 1 Januari 1977 berdasarkan Surat Keputusan Yayasan Atma Jaya No. 005/II/SK/1/77. Pusat yang pada awalnya langsung berada di bawah Yayasan Atma Jaya ini, sekarang menjadi salah satu unit penelitian di bawah Pusat Penelitian Atma Jaya. Pendirian pusat ini dilatarbelakangi oleh persoalan-persoalan etika di tengah masyarakat. Sehingga diharapkan pusat ini dapat menjadi sumber referensi dalam bidang etika.

Sejak berdirinya tahun 1977 sampai tahun 2006 ini, sejarah PPE dapat dikategorisasikan ke dalam lima periode berdasarkan kepemimpinanya. Pada periode tahun 1977-1981, PPE berada dibawah pimpinan langsung Ketua Umum Yayasan Atma Jaya yang pada waktu itu dipegang oleh Drs. Frans Seda. Dalam pelaksanaan kegiatan organisasi lembaga ini dibagi menjadi dua departemen yaitu : (1)departemen yang menangani perkuliahan filsafat di lingkungan Unika Atma Jaya, (2) departemen yang bertugas untuk menanggapi masalah-masalah sosial dan perkembangannya.

Pada bulan Oktober 1980, pusat ini mengalami restrukturisasi organisasi. Dalam struktur organisasi yang baru ini kegiatan PPE meliputi: pengajaran filsafat sebagai studium generale di Universitas Atma Jaya, penerbitan SKEMA (Studi tentang Kaidah Penalaran Etika, Manusia dan Agama), MONITOR, dan SPES (Seri Pengkajian Etika Sosial), serta administrasi.

Pada tahun 1981-1983 kegiatan Pusat Pengembangan Etika dibekukan karena kehilangan sebagian besar staf yang terlibat dalam Petisi 360. Kerjasama antara Yayasan Atma Jaya dan STF Driyarkara yang mengelolah Pusat Pengembangan Etika pun untuk sementara dihentikan.

Kegiatan Pusat Pengembangan Etika mulai dibangun kembali oleh Dr. Kees Bertens, MSC atas permintaan Yayasan Atma Jaya. Format lama PPE diberi isi baru dengan kegiatan pengembangan etika sebagai cabang filsafat. Dalam visi baru ini, PPE mulai memfokuskan diri pada kegiatan pengajaran filsafat dan etika di Universitas Atma Jaya, penerbitan buku-buku filsafat Atma Jaya dalam seri yang disebut “Seri Filsafat Atma Jaya”, dan secara khusus mulai memfokuskan perhatian pada kajian etika bisnis dan etika medis. Dr. Kees Bertens mendapat kepercayaan untuk mengembangkan pusat ini dari tahun 1983-1994.

Dalam visi yang sama, Drs. Andre Ata Ujan mendapat kepercayaan untuk memimpin PPE dari tahun 1995-2001. Selama periode ini, PPE mendapat kepercayaan dari Universitas Atma Jaya untuk menangani perkuliahan filsafat dan etika. Dalam bidang publikasi, masih dipertahankan kelangsungan penerbitan Seri Filsafat Atma Jaya. Pada tahun 1995 terbit RESPONS, sebuah jurnal etika sosial, untuk menanggapi masalah-masalah etika di tengah-tengah masyarakat. Sebuah kerjasama dengan Harian Suara Pembaruan untuk mengisi rubrik etika mulai dirintis pada tahun 1998.

Menjelang Drs. Andre Ata Ujan meneruskan studinya di Ateneo de Manila University tahun 2001, kepemimpinan PPE diserahkan kepada Drs. Anton Naben, Lic. Th. Tetapi pada Mei 2001 Anton Naben meninggal dunia. Sehingga PPE dipimpin oleh Pjs Dr. A. Agus Nugroho yang mempersiapkan pergantian kepemimpinan PPE baru, yang akhirnya dipercayakan kepada Drs. Anton Wuisan, MM (2001-2003). Pada periode ini, sebuah terobosan baru berdasarkan konsep penelitian empiris mulai coba dikembangkan di PPE. Beberapa tema mulai dikembangkan seperti penelitian local wisdom, persepsi etika bisnis, tanah adat dan solidaritas. Kepemimpinan Drs. Anton Wuisan, MM berakhir pada November tahun 2003.

Sejak tahun 2004 mulailah pembicaraan mengenai reorientasi lembaga penelitian dan staf-staf peneliti. Tahun 2006 semua staf yang sebelumnya berada di unit-unit penelitian diangkat berdasarkan SK Yayasan menjadi staf fakultas-fakultas di lingkungan Universitas Atma Jaya. Keputusan ini berlaku juga bagi staf di PPE. Semua staf PPE adalah staf fakultas. Politik reintegrasi membawa implikasi agar setiap unit penelitian harus lebih fokus pada minat penelitian tertentu. Tentu, PPE menafsir fokus dari penelitian yang dimaksud adalah etika sebagai bidang filsafat.

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom