|
Kurikulum PSSK
PROFIL LULUSAN ,CAPAIAN PEMBELAJARAN DAN KURIKULUM
PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN
Profil Lulusan Program Studi Sarjana Kedokteran
a) Sarjana Kedokteran yang berperan sebagaipengambil keputusan (decision maker), pemimpin masyarakat (community leader), manajer(manager), komunikator (communicator).
b)Sarjana Kedokteran yang berperan dalam kegiatan preventif dan promotif di bidang kedokteran perkotaan, terutama bidang gerontologi dan geriatri, kedokteran adiksi, dan penyakit infeksi.
c)Sarjana Kedokteran yang berperan dalam peningkatan kualitas hidup.
Capaian Pembelajaran Lulusan Program Studi Sarjana Kedokteran
A. Sikap dan Tata Nilai
- Bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
- Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
- Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan bermasyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila;
- Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggung jawab pada negara dan bangsa;
- Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain;
- Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
- Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
- Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
- Menunjukkan sikap bertanggung jawab atas pekerjaan dalam bidang kedokteran secara mandiri.
- Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
- Menginternalisasi nilai Kristiani, Unggul, Profesional dan Peduli.
B. Keterampilan Umum
- Mampu menerapkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan inovatif dalam konteks pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora yang sesuai dengan bidang keahliannya;
- Mampu menunjukkan kinerja mandiri, bermutu, dan terukur;
- Mampu mengkaji implikasi pengembangan atau implementasi ilmu pengetahuan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan keahliannya berdasarkan kaidah, tata cara dan etika ilmiah dalam rangka menghasilkan solusi, gagasan, desain atau kritik seni, menyusun deskripsi saintifik hasil kajiannya dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Menyusun deskripsi saintifik hasil kajian tersebut di atas dalam bentuk skripsi atau laporan tugas akhir, dan mengunggahnya dalam laman perguruan tinggi;
- Mampu mengambil keputusan secara tepat dalam konteks penyelesaian masalah di bidang keahliannya, berdasarkan hasil analisis informasi dan data;
- Mampu memelihara dan mengembangkan jaringan kerja dengan pembimbing, kolega, sejawat baik di dalam maupun di luar lembaganya;
- Mampu bertanggung jawab atas pencapaian hasil kerja kelompok dan melakukan supervisi dan evaluasi terhadap penyelesaian pekerjaan yang ditugaskan kepada pekerja yang berada di bawah tanggung jawabnya;
- Mampu melakukan proses evaluasi diri terhadap kelompok kerja yang berada di bawah tanggung jawabnya, dan mampu mengelola pembelajaran secara mandiri;
- Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data untuk menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.
C. Keterampilan Khusus
- Mampu mengaplikasikan ilmu komunikasi dalam bidang kedokteran dengan individu, keluarga, dan masyarakat.
- Mampu mengkaji masalah kesehatan individu, keluarga, dan masyarakat.
- Mampu mengaplikasikan kewaspadaan standar dalam bidang kedokteran.
- Mampu mengkaji sumber daya manusia dan sarana–prasarana secara efektif dan efisien dalam bidang kesehatan/kedokteran.
- Mampu mengaplikasikan kegiatan promotif dan preventif kepada individu, keluarga dan masyarakat terutama pada masalah kesehatan perkotaan.
- Mampu mengaplikasikan kegiatan promotif dan preventif kepada individu, keluarga dan masyarakat dalam bidang gerontologi dan geriatri, kedokteran adiksi, dan penyakit infeksi.
- Mampu mengaplikasikan ilmu dan teknologi biomedik, patofisiologi, dan ilmu kesehatan masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat.
- Mampu mengaplikasikan keterampilan medik dasar dalam situasi simulasi dan terbimbing.
- Mampu mengkaji ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang kedokteran berdasarkan evidence based medicine dan value based medicine.
- Mampu mengaplikasikan keterampilan dalam menganalisis epidemiologi kejadian penyakit.
D. Penguasaan Pengetahuan
- Menguasai konsep komunikasi dalam bidang kedokteran dengan individu, keluarga dan masyarakat
- Menguasai konsep teoritis ilmu dan teknologi biomedik, klinik, ilmu perilaku, ilmu komunikasi serta ilmu kesehatan masyarakat untuk memecahkan masalah kesehatan individu, keluarga dan masyarakat.
- Menguasai konsep teoritis fisiologi tubuh.
- Menguasai konsep teoritis patogenesis dan patofisiologi penyakit.
- Menguasai konsep teoritis promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif terhadap masalah-masalah kesehatan secara holistik.
- Menguasai konsep teoritis epidemiologi dan sistem kesehatan nasional.
- Menguasai konsep teoritis aspek medikolegal dalam praktik kedokteran dalam masyarakat Indonesia dengan budaya yang aneka ragam.
- Menguasai konsep teoritis dalam bidang kesehatan khususnya dalam bidang kesehatan perkotaan, gerontologi dan geriatrik, kedokteran adiksi dan penyakit infeksi.
KURIKULUM PROGRAM STUDI SARJANA KEDOKTERAN
Smt
|
No.
|
Kode
|
Blok
|
Sks
|
|
Smt
|
No.
|
Kode
|
Blok
|
Sks
|
I
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 101
MEC 102
MEC 103
MEC 104
|
Pengetahuan Dasar Kedokteran
Ilmu Biomedik Dasar 1
Ilmu Biomedik Dasar 2
Ilmu Biomedik Dasar 3
|
3
5
5
5
|
|
II
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 105
MEC 106
MEC 107
MEC 109
|
Ilmu Biomedik Dasar 4
Ilmu Biomedik Dasar 5
Ilmu Biomedik Dasar 6
Humaniora
|
5
5
6
4
|
Jumlah
|
18
|
|
Jumlah
|
20
|
III
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 108
MEC 201
MEC 202
MEC 203
|
Pertumbuhan, Perkembangan, dan Penuaan Alamiah
Konsep Patologi 1
Konsep Patologi 2
Konsep Patologi 3
|
3
6
5
6
|
|
IV
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 204
MEC 205
MEC 206
MEC 207
|
Metodologi Penelitian
Hematologi
Sistem Respirasi
Sistem Kardiovaskuler
|
5
6
6
6
|
Jumlah
|
20
|
|
Jumlah
|
23
|
V
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 301
MEC 302
MEC 303
MEC 208
|
Sistem Gastrointestinal
Sistem Neuromuskuloskeletal
Kesehatan Mental dan Perilaku
Proposal penelitian
|
6
6
6
1
|
|
VI
|
1.
2.
3.
4.
|
MEC 305
MEC 306
MEC 307
MEC 308
|
Sistem Endokrin dan Metabolisme
Sistem Traktus Urinarius
Sistem Reproduksi
Organ Indera
|
4
5
6
6
|
Jumlah
|
19
|
|
Jumlah
|
21
|
VII
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
|
MEP 421
MEP 422
MEP 423
MEP 424
MLP 601
MEC 401
MEC 402
MEC 403
MEC 304
|
Perawatan Paliatif *
Kedokteran Adiksi*
Kewirausahaan di Bidang Kesehatan*
Ilmu Pendidikan Kedokteran*
Neurogeriatri dan Demensia
Kedaruratan Medik
Medikolegal
Kedokteran Pencegahan dan Komunitas
Karya Tulis Ilmiah
|
5
5
5
5
5
6
5
4
3
|
|
Jumlah Beban Studi Program Studi : 144 SKS
|
Jumlah
|
23
|
|
|
*) Blok Elektif dimana mahasiswa dapat memilih 1 dari 5 blok yang disediakan

S |
S |
R |
K |
J |
S |
M |
|
|
|
1 |
2 |
3 |
4 |
5 |
6 |
7 |
8 |
9 |
10 |
11 |
12 |
13 |
14 |
15 |
16 |
17 |
18 |
19 |
20 |
21 |
22 |
23 |
24 |
25 |
26 |
27 |
28 |
29 |
30 |
|
bottom
|
|
|
|
|