Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Sejarah

 

Peningkatan volume kegiatan perdagangan, investasi dan keuangan pada tataran internasional (baik global, regional maupun bilateral) menuntut pula penguasaan kompetensi di bidang Hukum. Untuk menyiapkan profesional dan akademisi yang memiliki kompetensi di bidang tersebut, Program Studi Magister Ilmu Hukum Unika Atma Jaya pada tahun awal berdirinya, yaitu tahun 2012, menawarkan tiga konsentrasi/peminatan yaitu Hukum Perdagangan Internasional, Hukum Perpajakan, dan Hukum Perbankan & Penanaman Modal dengan kurikulum yang dirancang secara khusus (tailor-made), komprehensif dan up-to-date yang meliputi aspek-aspek Hukum Publik dan Privat berspektrum nasional, global, regional maupun bilateral. 

 

Pada tahun 2013 dibuka satu konsentrasi/peminatan baru yaitu Hukum Hubungan Industrial dan Manajemen Sumber Daya Manusia, sebagai response atas perkembangan yang pesat di bidang hukum hubungan industrial dan manajemen sumber daya manusia, yang antara lain ditandai dengan discourses yang selalu hangat mengenai perlindungan hukum bagi tenaga kerja outsourching. Pembukaan konsentrasi/peminatan baru ini juga merupakan response atas adanya demand dari kalangan alumni program CHRP (Certified Human Resourche Professional)  untuk dapat mengikuti program pendidikan S-2 di bidang yang sama di Unika Atma Jaya. Program CHRP adalah program pelatihan khusus di bidang pengelolaan sumberdaya manusia, yang ditawarkan oleh Unika Atma Jaya, bedurasi sekitar 3 bulan, terdiri atas 32 modul dengan pengajar dari kalangan praktisi dan akademisi Human Resourche. Program ini sangat diminati oleh masyarakat, terbukti dari penyelenggaraan program yang telah berlangsung selama sembilan tahun dengan peserta rata-rata berjumlah 40 orang setiap angkatan dan telah memiliki alumni lebih dari seribu orang.

 

Pada bulan Juli 2014 Program Studi Magister Ilmu Hukum Unika Atma Jaya Jakarta memperoleh Akreditasi B berdasarkan SK No. 205/SK/BAN-PT/Akred/M/VII/2014.

 

Pada bulan Juni tahun 2017, seiring dengan pergantian Kurikulum Operasional Prodi Magister Hukum, maka peminatan yang semula dari Hukum Perpajakan, Hukum Perbankan dan Penanaman Modal, Hukum Hubungan Industrial dan SDM, dan Hukum Perdagangan Internasional berubah menjadi Hukum Perdagangan Internasional, Hukum Hubungan Industrial dan SDM, Hukum Kesehatan, Hukum Pidana Internasional. Perubahan peminatan tersebut dilakukan atas dasar banyaknya permintaan pembukaan peminatan baru dan belum ada di prodi Magister lain pada umumnya. Program ini menjadi daya tarik baru bagi para mahasiswa/i yang mendaftar dan yang ingin mendalami tentang hal-hal hukum yang berkaitan dengan dunia kesehatan. Begitu pula tentang peminatan Pidana Internasional yang bertujuan menambah pengetahuan dan hal baru terkait aspek-aspek yang berhubungan dengan dunia Internasional.   

 

Dengan demikian, 4 Peminatan baru tersebut yang akan ditawarkan Prodi Magister Hukum UAJ bagi para calon Mahasiswa/i baru yang tertarik dengan salah satu peminatan yang ada untuk 4 tahun kedepan dengan Kurikulum Operasional dan Matakuliah baru yang ada didalamnya.

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom