Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Program Studi Ekonomi Pembangunan

Program Studi Ekonomi Pembangunan merupakan salah satu dari sedikit Program Studi dalam tataran S1 di Indonesia yang menawarkan kajian terkini Ekonomi Keuangan (Financial Economics) dan kajian Perbankan (Money & Banking) secara mendalam melalui pendekatan modern, dengan landasan pemahaman makro dan mikroekonomi yang kuat.

 

Untuk memberikan nilai tambah pada lulusan, Program Studi Ekonomi Pembangunan menjalin kerjasama dengan berbagai institusi keuangan seperti Bursa Efek Indonesia (BEI), Bank Indonesia (BI) serta beberapa lembaga perbankan, untuk memberikan pelatihan seperti Simulasi Pasar Modal, Pelatihan Ekspor-Impor, serta berbagai pelatihan yang berkaitan dengan operasional perbankan.

 

Untuk menjembatani dunia akademik dengan dunia kerja, mahasiswa juga diberi kesempatan untuk magang di institusi keuangan & perbankan.

 

 

KAJIAN EKONOMI KEUANGAN

Topik utama dalam Ekonomi Keuangan adalah pada kajian yang mendalam tentang pasar keuangan, baik instrumen, pelaku  maupun sistem dan mekanismenya. Cukup banyak bahan kajian disediakan untuk tahap pengenalan  sampai dengan kajian mendalam tentang instrumen-instrumen keuangan serta  pengukuran dan pengelolaan risiko keuangan. Kajian tentang keuangan perusahaan juga diberikan dalam konteks kaitannya dengan pasar keuangan.

 

Core Matakuliah Kajian Keuangan:

Ekonomi Keuangan, Akuntansi Keuangan,  Sistem  Keuangan, Keuangan Korporat, Teori Investasi I, Valuasi Korporat, Teori Investasi II, Manajemen Risiko Keuangan, Mikro Struktur Pasar, Keuangan Internasional, Seminar Ekonomi Keuangan dan  Perbankan, Pasar Modal Indonesia, Perilaku Keuangan.

 

 

KAJIAN PERBANKAN

Topik utama kajian perbankan mencakup pemahaman operasional perbankan, peran perbankan dalam perekonomian, manajemen perbankan,  aspek globalisasi  perbankan melalui sistem moneter internasional dan pasar valuta asing, serta  analisis kredit  dan risiko perbankan.

Core Matakuliah Kajian Perbankan.

 

Sistem  Keuangan, Ekonomi Moneter, Teori Investasi I, Teori Investasi II Ekonomi Internasional, Intermediasi Keuangan, Manajemen Perbankan, Perbankan Internasional, Manajemen Risiko dan  Analisis Kredit Perbankan, Seminar Ekonomi Keuangan dan  Perbankan.

 

Perbankan dan pasar keuangan dewasa ini semakin terelaborasi dan kompleks, dengan demikian analisis hubungan antara kedua bagian sistem keuangan tersebut juga  tercakup dalam kedua kajian yang ada. Prinsip Ilmu Ekonomi dan alat analisis kuantitatif akan diterapkan untuk menelaah  berbagai fenomena perekonomian pada umumnya, dan aspek keuangan & perbankan secara khusus.

 

 

BIDANG KERJA / PROFIL LULUSAN

Lulusan Prodi Ekonomi Pembangunan dapat berkarya pada:

1. Institusi Perbankan

2. Pasar Modal

3. Perusahaan Sekuritas

4. Lembaga Keuangan Non Bank Lainnya

5. Akademisi

6. Peneliti

7. BUMN / Perusahaan Swasta

Kalender
S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom