Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Profil Dosen PSSK

Profil Dosen

Mahasiswa tingkat preklinik dididik oleh dosen-dosen berkualitas dibidangnya, baik lulusan dalam dan luar negeri. Dosen-dosen ini mempunyai gelar akademik Doktor, Magister dan Spesialis sesuai dengan bidang Ilmu yang diampu. FKIK juga mempunyai dosen-dosen dengan jabatan akademik Guru Besar (Profesor). Dosen-dosen tamu dari dalam dan luar negeri juga didatangkan untuk memberikan materi kuliah terkini di bidang mereka.

 

Setiap mahasiswa jugadidampingi oleh pembimbing akademik (PA) selama belajar di FKIK UAJ. Pembimbing Akademik adalah dosen yang ditetapkan untuk membimbing mahasiswa serta memberikan informasi dan nasehat yang bersifat akademik maupun nonakademik.

 

 

Dr. dr. Felicia Kurniawan, M. Kes.

Dr. dr. Felicia Kurniawan, M. Kes. merupakan staf pengajar pada Departemen Ilmu Kesehatan Masyarakat dan Gizi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK UAJ) sejak tahun 1997. Sejak tahun 2015 sampai saat ini, beliau menjabat sebagai wakil ketua panitia nasional uji kompetensi mahasiswa program profesi dokter, selain itu beliau juga menjabat sebagai sekretaris Senat FKIK UAJ. Beliau pernah menjabat sebagai ketua Medical Education Unit, wakil dekan bidang akademik, dekan FKIK UAJ, dan ketua Gugus Penjaminan Mutu FKIK UAJ. Juga pernah sebagai sekretaris Asosiasi Fakultas Kedokteran Swasta Indonesia (AFKSI)  dan bendahara Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI). Beliau mendapat gelar doktor dari Prodi Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan Universitas Gadjah Mada (UGM) pada awal tahun 2018 dengan disertasi yang berjudul EFEKTIVITAS PROGRAM SEHAT DALAM MENCEGAH OBESITAS PADA MURID SD DI JAKARTA UTARA.

 

 

dr. Francisca Tjhay, M.Biomed., Ph.D

dr. Francisca Tjhay, M.Biomed., Ph.D adalah Staf Pengajar Departemen Biologi Kedokteran, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKIK Unika Atma Jaya) sejak tahun 2003. Beliau lulus dokter umum dari FKIK Unika Atma Jaya. Selanjutnya Beliau menempuh pendidikan Magister Ilmu Biomedik dengan kekhususan Kedokteran Reproduksi di Universitas Udayana-Bali dan mengikuti Pendidikan Intensif Seksologi Dasar dan Lanjut pada Universitas yang sama.

Sejak tahun 2008 sampai sekarang Beliau sering memberikan penyuluhan dengan topik Kesehatan Reproduksi Remaja di Sekolah Lanjutan Pertama, Sekolah Lanjutan Atas, Universitas, serta pada saat Pengabdian Masyarakat.

Beliau pernah menjabat sebagai Administrator Bank Soal FKIK Unika Atma Jaya untuk Asosiasi Institusi Pendidikan Kedokteran Indonesia (AIPKI), Kepala Sub-unit Kurikulum-Medical Education Unit, Wakil Ketua Editor Damianus Journal of Medicine FKIK Unika Atma Jaya, Kepala Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan Kepala Skill Lab KBK Program Studi Sarjana Kedokteran (PSSK) FKIK Unika Atma Jaya.

Pada tahun 2011, Beliau menjadi Research Fellow di Kumamoto University, Kumamoto-Japan dengan menerima Beasiswa Research Fellowship dari Alumni Department of Obstetrics and Gynecology- Kumamoto University-Japan. Selanjutnya Beliau menempuh dan menyelesaikan pendidikan S3-Doctor of Philosophy (Ph.D) dalam bidang Medical Sciences di Kumamoto University, Kumamoto-Japan. Pada saat menjalani pendidikan S3 ini, Beliau menerima Beasiswa Hashiya-Japan, Beasiswa Asosiasi Alumni-divisi Kumamoto dari School of Medicine-Kumamoto University-Japan, Penghargaan International Session Good Poster Award dari 66th Annual Congress of the Japan Society of Obstetrics and Gynecology di Tokyo-Japan dan Piagam Penghargaan S3 dari Department of Obstetrics and Gynecology - Kumamoto University-Japan. Selama ini, Beliau juga melakukan penelitian-penelitian dengan publikasi di jurnal nasional maupun internasional. Sejak tahun 2017 sampai sekarang Beliau menjabat sebagai Kepala Departemen Biologi Kedokteran FKIK Unika Atma Jaya. Beliau juga adalah anggota Ikatan Dokter Indonesia dan Asosiasi Seksologi Indonesia.

 

 

 

dr. Herlina Uinarni. PA, Sp. Rad (K) RA.

Herlina Uinarni. MD, Pakar Anatomi, Spesialis Radiologi, Konsultan Radiologi Anak, dosen tetap di Departemen Anatomi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Atma Jaya Indonesia. Lulus dari Fakultas Kedokteran, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (Jakarta, Indonesia) pada (1990). Spesilias Radiologi dari Universitas Indonesia, Jakarta tahun 2002. Pakar anatomi diberikan oleh PAAI tahun 2004. Pengikuti latihan USG 3-4 D Obstetric dan Payudara di University of Vienna. Austria. 200. Pelatihan MSCT-128 (Multi slice CT-scan) di Rottenberg, Jerman. 2008. Pelatihan Ultrasonografi ABVS (Automatic Breast Volume Scan) di Seoul 2010. Lulus sebagai konsultan radiologi anak Indonesia pada tahun 2003. Menjadi anggota PAAI (Ikatan Ahli Anatomi Indonesia) sejak tahun 1997. Dosen Tetap (Anatomi) sejak 1997, anggota PDSRI (Persatuan Radiologi Indonesia) sejak 2002. Anggota PDSRAI (Perhimpunan Radiologi Anak Indonesia) sejak 2013. Sebagai wakil ketua dan dosen untuk Program Pendidikan Radiologi Anak (sejak 2016).


Buku yang ditulis dalam 5 tahun terakhir:

  1. ATLAS USG DAN CT-SCAN GINJAL NORMAL DAN ABNORMAL. Penerbit Buku EGC Medicine, cetakan pertama, September 2015, Herlina Uinarni (penulis), Liliana Sugiharto (editor), xxiv + 200 halaman, 15,5 x 24 cm. ISBN 978-979-044-613-7. (Telah memperolah HAKI)
  2. DASAR, TEKNS, DAN INTEREPRETASI PEMERIKSAAN USG PARU-PARU ANAK. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Herlina Uinarni (penulis), Liliana Sugiharto (editor), x + 69 hal. 17 x 25 cm. ISBN 978-602-8904-86-5.
  3. SONOANATOMI, TEKNIS, DAN APLIKASI KLINIS ULTRASONOGRAFI PARU. Penerbit Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Herlina Uinarni (penulis), Liliana Sugiharto (editor), x + 94 hlm. 17 x 25 cm. ISBN 978-602-8904-99-5 (Telah memperolah HAKI). Cetakan pertama pada bulan September 2015 dan cetakan kedua pada bulan Mei 2018.

 

 

Dr. dr. Jenny Hidayat, M. Biomed

 

Dr. dr. Jenny Hidayat, M. Biomed. adalah staff pengajar di Departemen Kimia dan Biokimia Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katholik Indonesia Atma Jaya. Pada saat ini menjabat sebagai kepala departemen Kimia dan Biokimia. Jabatan yang pernah diampu sebelumnya adalah Koordinator Program Studi Sarjana Kedokteran (PSSK) kurikulum baru FK Atma Jaya, ketua Molekuler Kedokteran FK Atma Jaya dan koordinator Medical Education Unit (MEU).

 

Dr.dr.Lilis,Sp.PA

 

Dr.Lilis adalah staf dari departemen patologi anatomi FKIK sejak tahun 2008. Pada tahun 2017 telah menyelesaikan pendidikan doctoral biomedis di FKUI, dengan disertasi Peran faktor inflamasi kronis dan lingkungan mikro tumor di stroma peritumor dan hubungannya dengan invasi parametrium dan metastasis KGB pada karsinoma sel skuamosa serviks stadium IB-IIA. Saat ini masih aktif mengajar, memiliki perhatian besar pada tingginya kasus dan angka kematian pada wanita yang menderita kanker serviks. Sejak tahun 2011 aktif melakukan penyuluhan tentang deteksi dini kanker serviks dan melakukan pemeriksaan pap smear gratis kepada masyarakat sampai saat ini.  

 

dr. Lonah, Sp.FK

 

dr. Lonah, Sp. FK adalah dosen di Departemen Farmakologi dan farmasi, Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Beliau diundang menjadi pembicara tamu untuk  program kesehatan  di Televisi Nasional. Dokter Lonah memulai karirnya sebagai staf pendidikan, setelah lulus dari universitas yang sama pada tahun 2013. Beliau melanjutkan studinya di Program Pendidikan Dokter Spesialis Farmakologi Klinik di Fakultas Kedokteran, Universitas Indonesia, setelah lulus sebagai dokter umum. Dokter Lonah melakukan penelitian di bidang farmakoekonomi. Judul tesis nya adalah Efektivitas dan Analisis Biaya Obat Ondansetron yang Digunakan pada Pasien Hyperemesis Gravidarum di salah satu Rumah Sakit di Jakarta dari 2012 hingga 2016. Dia juga berpartisipasi dalam berbagai pelatihan dan kursus di bidang farmakologi, seperti pelatihan penyusunan formularium obat di rumah sakit, pelatihan farmakoekonomi, dan pelatihan dalam pengobatan herbal.

 

Dr.dr. C. Murtono, Sp.PA

 

Dr.dr. C. Murtono, Sp.PA adalah staf pengajar di Departemen Patologi Anatomi, yangtugasnya melakukan Tridharma Perguruan Tinggi. Sebagai pengajar, ia memberikan kuliah dan pelatihan skill medik, disamping diskusi kepada kelompok mahasiswa. Sebagai peneliti, beberapa tulisan mengenai tinjauan mengenai infeksi EBV dan kaitannya dengan penyakit Hodgkin dan karsinoma nasofaring ditinjau dari imunologi dan biologi molekuler ditulis sebagai kelanjutan disertainya. Sebagai pelaksana pengabdian masyarakat, ia bekerja sebagai pathologist di laboratorium Patologi Anatomi kepada pasien di RS Pendidikan Atma Jaya.

 

Dr. dr. Maria Dara Novi Handayani, M.Biomed.

 

Dr. dr. Maria Dara Novi Handayani M.Biomed. dengan jabatan akademik  Lector 300 telah bergabung sebagai staff pengajar FKIK UNIKA Atma Jaya sejak Juli 2000.  Beliau menyelesaikan pendidikan Magister Biomedik di FK Universitas Indonesia, Jakarta  (2003-2006).  Selain melaksanakan kegiatan Tri Dharma Perguruan Tinggi di Departemen Biokimia-Kimia,  beliau pernah menjabat Kepala Departemen Biokimia (2007-2011),  Anggota Kelompok Studi Kedokteran Molekular FK (2007-2010),  Kepala Blok Ilmu Biomedik Dasar II (2007-2017) dan Penanggung Skills Lab blok Mediko Legal (2010-2012) dan blok Alergi Imunologi (2009-2013). Beliau juga aktif dalam beberapa kegiatan diantaranya Penanggung Jawab Uji Coba Portfolio (2012) dan  Pelaksana Pendidikan Tak Bergelar Domestrik untuk program Biomolekular dan Geriatri  (2012), serta kepanitiaan lainnya.  Tahun 2013, beliau dinyatakan sebagai dosen professional pada bidang ilmu biomedik oleh Kemendikbud dan tahun 2015 memperoleh Presentasi Free Paper Terbaik dalam PIT X Perhimpunan Dokter Keluarga Indonesia 2015 di Jakarta.   Beliau menempuh pendidikan lanjutan  Doktor Biomedik FK Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada tahun 2013-2018.  Saat pendidikan lanjutan, beliau memperoleh dana hibah penelitian RISBIN IPTEKDOK tahun 2106.  Publikasi di jurnal nasional terakreditasi dan Internasional  yang sudah  dilakukan lebih berfokus kepada geriatri. Sekarang ini beliau juga terlibat dalam Persiapan Pembukaan Prodi Magister Biomedik (2018) dan Inisiasi Mata Kuliah Enggineering Psychology Unika Indonesia Atma Jaya (2018).

 

 

 

Dr. dr. Poppy Kristina Sasmita, PA, SpS.,M.Kes

 

Poppy Kristina Sasmita, Pakar Anatomi dan Spesialis Saraf, dosen tetap di Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya (FKIK UAJ) sejak Agustus 2000. Lulus dokter umum dari FKIK UAJ pada tahun 2000. Pada tahun 2006 menyelesaian pendidikan spesialis dan S2 dan mendapat gelar double degree dari FK Universitas Padjajaran, Bandung yaitu Spesialis Saraf (SpS) dan Magister Kesehatan (M.Kes). Pakar Anatomi (PA) diberikan oleh Perhimpunan Ahli Anatomi Indonesia (PAAI) pada Juni 2008. Pada tahun 2018, menyelesaikan Pendidikan Doktoral di Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta. Sebelum menjadi staf tetap, pernah menjadi asisten dosen di Departemen Anatomi FKIK UAJ pada Februari 1999-Juli 2000. Saat ini mejabat sebagai Ketua Program Studi Profesi Dokter (PSPD) FKIK UAJ. Jabatan yang pernah diampu sebelumnya adalah sebagai Kepala Departemen Anatomi pada periode Januari 2007 – Agustus 2015 dan Maret 2019-Februari 2020, Koordinator Skills Lab Juli 2006 – Februari 2009, Tim kurikulum FKIK UAJ 2011-2012 dan Tim Assessment Medical Education Unit (MEU) tahun 2019. Dr. dr. Poppy Kristina Sasmita, PA, SpS.,M.Kes berpraktik sebagai dokter spesialis saraf di rumah sakit swasta di Jakarta dan menjadi narasumber pada beberapa acara ilmiah, program kesehatan di televisi nasional dan radio nasional. Saat ini juga menjadi wakil ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia (PERDOSSI) cabang Bekasi, anggota PAAI dan Ikatan Dokter Indonesia (IDI) .

 

 

dr.Liliana Sugiharto, MS, PA(K).

dr.Liliana Sugiharto, MS, PA(K) merupakan staf dosen pada Departemen Anatomi Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Unika Atma Jaya sejak tahun 1974. Mengikuti berbagai pelatihan di dalam dan luar negeri mengenai Medical Education, Leadership, dan How to set up an Anatomi Museum. Pernah menjabat sebagai Pembantu Rektor Bidang Akademik Unika Atma Jaya,Dekan FKIK Unika Atma Jaya; Ketua Lembaga Penjaminan Mutu, Ketua Biro Kerjasama dan pengembangan, Ketua P3 AI Unika Atma Jaya , serta  Kepala Museum Anatomi Unika Atma Jaya. Beliau merupakan penggagas dan merealisasikan berdirinya Museum Anatomi FKIK Unika Atma Jaya di tahun 1995. Di samping itu beliau menjadi penerjemah dan editor dari buku dan atlas Anatomi dari  Penerbit EGC sejak tahun 1996 sampai sekarang. Dari tahun 2006 – 2019 beliau menjadi anggota Tim pengembang Kurikulum Kemendikbud/kemendiknas. Beliau juga menjadi asesor BAN PT dan LAM PTKes sampai saat ini. Sejak tahun 2006 – sekarang beliau terlibat aktif sebagai evaluator di Kemendikbud/Kemenristekdikti. Beliau menerbitkan Buku Terminologi Kedokteran dan berbagai artikel ilmiah di jurnal nasional dan internasional. 

 

 

Dr. dra. Ana Lucia Ekowati, M.Kes

 

Dr. dra. Ana Lucia Ekowati, M.Kes bergabung dengan Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan (FKIK) Unika Atma Jaya Jakarta sebagai Staf Pengajar pada Departemen Biologi Kedokteran sejak tahun 2007. Beliau memperoleh gelar master dari Prodi Magister Ilmu Biomedik Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia Jakarta (1999) dan menyelesaikan Pendidikan Doktoral pada Program Doktor Ilmu Kedokteran dan Kesehatan Fakultas Kedokteran, Kesehatan Masyarakat, dan Keperawatan (FKKMK) Universitas Gadjah Mada Yogyakarta (2019).

Pada rentang tahun 2008-2017, Beliau pernah menjabat selama beberapa tahun sebagai Kepala Departemen Biologi Kedokteran, Kepala Blok Ilmu Biomedik Dasar I dan Koordinator Tahun I Pelaksana Kurikulum Baru PSSK FKIK Unika Atma Jaya. Mulai tahun 2020 kembali menjabat sebagai Kepala Blok Ilmu Biomedik Dasar I.

Beliau mengampu beberapa matakuliah pada S1 Kedokteran Umum dan S2 Ilmu Biomedik FKIK Unika Atma Jaya serta memberikan kuliah tamu diantaranya pada: 1). Program Doktor FKKMK UGM Yogyakarta dengan topik “Dari Riset ke Aplikasi. Peran microRNA pada Penuaan: Kontribusi pada Pengembangan Biomarker Penyakit terkait Penuaan dan Anti Aging Medicine” (2019); 2). Fakultas Bioteknologi Universitas Kristen Duta Wacana (UKDW) Yogyakarta dengan topik “Evolusi Mekanisme Ekspresi Gen: Peran microRNA sebagai Regulator Ekspresi Gen” (2020). Peminatan Beliau pada bidang Biologi Molekuler, Genetika dan Imunologi; pada beberapa tahun terakhir peminatan dan karya penelitian terutama mengenai topik peran microRNA yang berkaitan dengan mekanisme aging dan sebagai biomarker beberapa penyakit terkait penuaan.

 

 

Dr. dr. Soegianto Ali, M.Med.Sc

 

Dr.dr. Soegianto Ali, M.Med.Sc merupakan Staf Pengajar dan Pendidik di Fakultas Kedokteran dan Ilmu Kesehatan Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya. Terdaftar dengan homebase di Prodi S2 Biomedik, Beliau merupakan anggota dari Departemen Biologi Kedokteran dan berkontribusi untuk Program Studi S2 Biomedik, Sarjana Kedokteran, serta S1 Bioteknologi dan S2 Bioteknologi di FakultasTeknobiologi UAJ.

Beliau merupakan lulusan dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Master of Medical Science dari Katholieke Universiteit Leuven dan Doctorate dari Rijksuniversiteit Leiden. Bidang yang didalami adalah aspek imunogenetik dan molekuler dari penyakit infeksi, Mata kuliah yang diampu terutama meliputi imunologi dan genetika serta teknik biologi molekuler. Beliau memiliki beberapa artikel di Jurnal internasional dan nasional terkait dengan bidang-bidang tersebut, dan juga menjadi anggota PBBMI (Perhimpunan Biokimia dan Biologi Molekuler Indonesia).

Beliau juga memiliki minat terhadap masalah pendidikan kedokteran di Indonesia, serta aspek penjaminan mutu dari proses pendidikan. Saat ini Beliau menjabat sebagai Kepala Program Studi S2 Biomedik UAJ, dan juga berperan sebagai anggota Tim Auditor Internal di Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya.

 

dr. William

 

dr. William merupakan Staf Pengajar Tetap di Departemen Biologi Kedokteran FKIK Unika Atma Jaya sejak tahun 2019. Beliau merupakan seorang lulusan dokter umum dari FKIK Unika Atma Jaya dan saat ini sedang melanjutkan studi Spesialis Andrologi di FK Universitas Airlangga / RSUD Dr. Soetomo Surabaya. Bidang peminatannya adalah Biologi Reproduksi Manusia dan Seksologi.

Beliau aktif mengikuti sertifikasi dan workshop yang diadakan baik di dalam maupun luar negeri, antara lain “Sperm DNA Fragmentation” yang diadakan Persandi pada tahun 2019 serta “Manual Semen Analysis” dan “Sperm Morphology” yang diselenggarakan oleh American Center for Reproductive Medicine pada tahun 2020.

Selain itu, Beliau juga aktif dalam menulis artikel ilmiah maupun populer. Beberapa karya yang telah dipublikasikan adalah “Efek Leptin Berlebih terhadap Fertilitas Laki-laki”, “Post-orgasmic Illness Syndrome: A Closer Look”, “Angka Kelahiran di Indonesia Masih Tinggi, Mengapa Mayoritas Laki-laki Ogah Ikut KB”, serta “Tiga Cara Tingkatkan Layanan Kesehatan via Online di Indonesia yang Makin Populer Saat Pandemi”.

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom