Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Tim Peduli AIDS (TPA)

PROFIL UKK Tim Peduli AIDS

 

Tim Peduli AIDS Atma Jaya atau yang biasa disingkat TPA berdiri pada 6 Desember 1994. Pada awal berdirinya, TPA diprakarsai oleh mahasiswa kedokteran Unika Atma Jaya dan diberi nama PIAM. PIAM sendiri memiliki kepanjangan, yaitu Pusat Informasi AIDS Indonesia. Pada tahun 1996, PIAM berubah nama menjadi TPA hingga saat ini.

 

Sesuai dengan motto TPA, yaitu More Than Care, TPA selalu berusaha untuk meningkatkan kesadaran dan kepedulian masyarakat, khususnya mahasiswa/i Unika Atma Jaya terhadap keberadaan HIV & AIDS. TPA juga berupaya untuk menghapus stigma yang selalu melekat pada ODHA (orang dengan HIV & AIDS).

 

Guna mencapai tujuan tersebut, TPA aktif dalam mengadakan kegiatan-kegiatan, antara lain kegiatan HAS (Hari AIDS Sedunia). Rangkaian kegiatan HAS tersebut biasanya diadakan pada hari-hari menjelang 1 Desember yang merupakan peringatan hari AIDS sedunia itu sendiri.

Acara-acara yang TPA adakan dalam menyambut HAS tersebut, antara lain:

  • talkshow,
  • stand up comedy,
  • longmarch/fun walk,
  • bedah film,
  • charity, dll.

 

Selain HAS, kegiatan lainnya adalah kunjungan ilmiah. Acara tersebut terselenggara berkat kerjasama TPA dengan LSM yang fokus pada isu HIV & AIDS. Penyuluhan juga merupakan kegiatan rutin TPA setiap tahunnya. TPA seringkali memberikan penyuluhan kepada sekolah-sekolah dan rumah singgah. Kemudian kegiatan lainnya yaitu Pembekalan Anggota Baru (PAB). Dengan mengikuti PAB, peserta akan diberikan pengetahuan, pembekalan, dan pelatihan dasar mengenai HIV & AIDS.

Tidak hanya itu, melalui PAB, secara tidak langsung peserta juga dapat mengenal PPH (Pusat Penelitian HIV & AIDS) Unika Atma Jaya dan dapat menjalin keakraban bersama para panitia, alumni, senior dan peserta lainnya. Terakhir, TPA memberikan penyuluhan kepada masyarakat umum lewat media sosial Instagram, dimana TPA selalu memberikan informasi terkait isu HIV & AIDS dengan tema yang berbeda setiap bulannya.

 

Di tahun 2018, TPA terlibat dalam acara Nationwide University National Indonesia sebagai delegasi dari Unika Atma Jaya Jakarta. Dimana anggota TPA berjejaring dengan mahasiswa dari berbagai universitas yang ada di Indonesia dan bekerjasama merancang sebuah program sosial untuk dusun-dusun yang ada di Desa Penanggungan, Trawas, Mojokerto.

 

 

Instagram: @timpeduliaids

Email: tpa@atmajaya.ac.id

Contact person:

Ilona 08966-1954-730

 

 

(update by bkak-31/07/18)

Kalender
S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30  
bottom