Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Hibah Kewirausahaan Kemenpora untuk Pengembangan Produk Festival Pangan: Jackbar

Pada hari Kamis, tanggal 2 Desember 2021, kami (Kitty Ichiwa dan Adeline Mayvie Wijanarko), mahasiswa prodi Bioteknologi S1 Fakultas Teknobiologi (FTb) mengikuti Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap III yang diselenggarakan oleh Kementerian Pemuda dan Olah Raga (Kemenpora) di Hotel Ciputra, Jakarta Barat. Kuliah ini merupakan tahap akhir dari Program Kuliah Kewirausahaan Pemuda yang telah kami ikuti sebelumnya. Sebelumnya pada kuliah tahap I dan tahap II kami telah mengikuti seluruh rangkaian seperti pengumpulan berkas dan presentasi serta wawancara seleksi untuk memperoleh bantuan dana hibah dari Kemenpora dengan modal usaha sebesar Rp. 10.000.000,00. Setelah berhasil lolos tahap II, maka kami memperoleh kesempatan untuk mendapatkan hibah tersebut dan mengikuti Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap III.

Pada Kuliah Kewirausahaan Pemuda Tahap III, terdapat beberapa aktivitas yang kami lakukan secara offline, yaitu mulai dari tes swab, registrasi, rapat koordinasi lembaga akses permodalan kewirausahaan pemuda, gelar produk, penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU), serta pemberian penghargaan. Pada rapat koordinasi lembaga akses permodalan kewirausahaan pemuda terdapat beberapa narasumber, yaitu Bapak Topan Bayu Kusuma selaku CEO-FounderPlus, Armando Orlan selaku CEO-Inatech, Yayan Cahyana selaku Direktur Eksekutif Indonesia Business Links, dan Drs. Imam Gunawan, MAP selaku ASDEP Kewirausahaan Pemuda Kemenpora RI. Di sesi ini kami memperoleh banyak pandangan yang dapat diaplikasikan pada bisnis Jackbar kami. Sesi yang paling membuat kami tertarik adalah pada sesi Bapak Topan, beliau menjelaskan dengan detail bagaimana beliau membimbing para usahawan-usahawan baru dengan memfasilitasi para peserta mulai dari pitching, pendanaan, bahkan pencarian investor, dan lain-lain. FounderPlus ini juga memiliki jargon yaitu 10 juta kebaikan per hari yang membuat kami semakin bersemangat untuk mengembangkan bisnis kami dan nantinya kami berharap bisnis kami dapat mencapai titik sukses juga sama seperti FounderPlus dan bisnis-bisnis lainnya.

Setelah itu, kami melakukan gelar produk. Sebelum acara dimulai kami sudah mempersiapkan stand terlebih dahulu yang dilengkapi dengan produk kami yaitu Jackbar. Pada saat gelar produk, kami memberikan produk Jackbar beserta kartu nama dan brosur kepada para narasumber. Selain itu, kami juga saling bertukar kartu nama dengan pemilik bisnis lainnya. Jackbar sendiri merupakan salah satu ide produk dari Grup C yang beranggotakan Kitty Ichiwa, Adeline Mayvie Wijanarko, Natalie Chandra Wijaya, Sentia, Jennifer, Raynardthan Potoh, Eunice Cathrine Witness, M. Revinza D.P.M, Alexander Willy Dimaswarabrata, dan Daniella Frenanda Kara Saragih pada acara tahunan FTb yaitu Festival Pangan. Ide ini kami kembangkan bersama dengan mentor dosen Teknologi Pangan, Widya Agustinah, S.Si., MSc., Theodorus Eko Pramudito, S.Si., M.Sc., Diana Lestari, S.Gz., M.Si. pada mata kuliah Teknologi Pangan yang ada di FTb Unika Atma Jaya dan telah dipamerkan dalam Festival Pangan 2021.

Bagian terakhir dari acara adalah pemberian penghargaan kepada seluruh lulusan Kuliah Kewirausahaan Pemuda yang berkesempatan memperoleh hibah sebesar Rp.10.000.000,00. Sebelumnya, para lulusan melakukan penandatanganan MoU yang merupakan Perjanjian Kerjasama antara Pejabat Pembuat Komitmen pada Asisten Deputi Kewirausahaan Pemuda dengan kami selaku pemilik usaha Jackbar terkait Fasilitas Wirausaha Muda Pemula. Acara ini ditutup dengan foto bersama.

 

Kitty Ichiwa (201908510004) & Adeline Mayvie Wijanarko (201908510006)

Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom