Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Jennie Avila Dewi Hermi Meraih Penghargaan Verbal Commendation pada Jogja International Model United Nations X

Jogja International Model United Nations X atau JOINMUN X adalah acara tahunan ke-10 International Model United Nations (MUN) Conference yang diadakan  oleh Komunitas MUN Universitas Gadjah Mada (UGM). Tahun ini JOINMUN X membawa tema “Navigating The Global Frontier: Deterring Hostilities, Initiating Harmony” dengan tujuan membawa budaya Jogja untuk mengembangkan MUN Conference yang paling bergengsi di Asia Tenggara. Terdapat dua mahasiswa Fakultas Psikologi UNIKA Atma Jaya (UAJ) yang difasilitasi oleh Himpunan Mahasiswa Psikologi UAJ (HIMAPSI) untuk mengikuti lomba ini yaitu Priscilla Dewanto (2020-0751-0022) dan Jennie Avila Dewi Hermi (2019-0700-0109).

 

Pada tanggal 28 Agustus 2021, kedua peserta didaftarkan melalui website (joinmun.com) mengikuti jadwal pendaftaran gelombang kedua. Priscilla Dewanto tergabung dalam council Social, Humanitarian, and Cultural Committee (SOCHUM) sebagai delegasi Kingdom of Spain sedangkan Jennie Avila Dewi Hermi tergabung dalam council United Nations Human Right Council (UNHRC) sebagai delegasi dari Algeria Dalam mempersiapkan lomba, peserta mendapat pembekalan tutorial oleh Atmajaya MUN Club sebanyak tujuh kali pertemuan menggunakan platform Zoom. Kemudian, lomba diadakan selama 22-24 Oktober 2021 secara daring menggunakan platform Zoom.

 

Pada tanggal 22 Oktober, hari pertama perlombaan dimulai pada jam 13:30 WIB hingga 17:05 WIB. Hari pertama terdiri atas kegiatan opening ceremony, sesi webinar, MUN 101, Committee Session 0, dan closing. Sesi webinar sendiri terdiri atas dua sesi yaitu presentasi pembicara dan tanya jawab. Hari pertama merupakan wadah bagi para peserta lomba untuk saling mengenal dan beradaptasi sebelum memulai perlombaan dan diskusi pada hari kedua.

 

Hari kedua perlombaan yaitu tanggal 23 Oktober, dimulai pada jam 09:00 WIB hingga 17:40 WIB. Hari kedua terdiri atas empat committee session yaitu sesi ketika semua peserta melakukan diskusi untuk menyelesaikan sub-tema setiap council yang telah dipilih. Pada setiap committee session selalu diselingi dengan istirahat dan hari kedua diakhiri dengan social night. Social night sendiri adalah acara bagi para peserta untuk bersosialisasi dan meminta pendapat juri mengenai kelangsungan forum diskusi.

 

Hari ketiga perlombaan yaitu tanggal 24 Oktober, dimulai pada jam 10:10 WIB hingga 20:36 WIB. Hari ketiga terdiri atas tiga committee session yang diselingi dengan istirahat. Pada jam 19:00 WIB, terdapat pengumuman atas peserta yang memenangkan awards dan diakhiri dengan closing ceremony. Hasilnya, salah satu peserta yaitu Jennie Avila Dewi Hermi mendapatkan penghargaan Verbal Commendation. Secara keseluruhan, perlombaan berlangsung dengan lancar dan tepat waktu, perlombaan juga memberikan pengalaman yang inklusif dengan menyiarkannya melalui media sosial Instagram dan live streaming melalui Youtube.

 

Para peserta merasa puas karena dapat belajar mengenai isu sosial yang terjadi dalam cakupan internasional dan terbantu dengan adanya pembekalan yang diberikan. Khususnya, Jennie Avila Dewi Hermi juga merasa puas karena mendapatkan penghargaan. Para peserta belajar untuk mempersiapkan diri lebih maksimal sebelum mengikuti lomba, melatih kemampuan public speaking, dan lebih sadar mengenai isu-isu internasional yang perlu diselesaikan bersama.

 

Para peserta berencana untuk menerapkan tiga nilai dalam Kristiani, Unggul, Professional, Peduli (KUPP) di masa mendatang, yaitu unggul dengan memberikan usaha yang maksimal dan melakukan research yang teliti dan komprehensif. Professional dengan tetap menjaga etika walaupun banyak tantangan yang dihadapi ketika lomba, dan peduli mengenai isu internasional yang sedang terjadi.

Selamat kepada para peserta yang telah berpartisipasi!

 

 

 
Kalender
S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom