Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 
Student Exchange Program Westfalische Hochschule Report By Deanne Vidya Marsha Saphira

Westfälische Hochschule terletak di daerah Jerman barat yaitu di Gelsenkirchen, North Rhein-Westphalia. Program pertukaran pelajar antara Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) di UNIKA Atma Jaya dan Journalism and Public Relations Faculty (JPR) di Westfälische Hochschule ini merupakan bentuk kerjasama antara kedua universitas dengan beasiswa yang disediakan oleh perusahaan Jerman ‘Gebrüder Klöcker’. Beasiswa yang didapatkan berupa Partial Scholarship, dimana biaya yang ditutupi adalah pembuatan visa dan tempat tinggal selama satu semester disana. Tempat tinggal yang disediakan oleh International Office disana berupa satu kamar di satu unit apartment dengan biaya yang sudah di cover selama 6 bulan menetap. Tempat tinggal yang tersedia terletak di Wodanstrasse 7B, untuk perjalanan ke kampus dibutuhkan sekitar 20 menit menggunakan tram dan bus.

 

Program pertukaran pelajar ini dilaksanakan selama 5 bulan penuh dari tanggal 23 Februari 2019 sampai 7 Februari 2020, dengan agenda kegiatan yang sudah disiapkan oleh pihak Westfälische Hochschule dan International Officenya. Sebelum perkuliahan dimulai pada tanggal 23 September 2019, para mahasiswa international dibantu oleh International Office dalam mengurus segala surat-surat dan izin tinggal yang harus dilengkapi, dan ada juga program wisata ke ibukota Jerman yaitu Berlin selama 4 hari. Kemudian, kami juga diajak oleh Prof. Rainer Janz selaku penanggung-jawab bagian International di JPR dan juga dosen kami untuk mengunjungi kota beliau tinggal yaitu Koblenz, kami berkunjung selama 3 hari dan diajak berkeliling di kotanya, selain itu kami juga diarahkan bagaimana sistem pembelajaran di JPR bekerja dan kegiatan apa saja yang akan kami lakukan selama menetap disana.

 

Agenda pertama kami di kampus adalah hari orientasi dengan mahasiswa baru di JPR yang dilaksanakan selama hampir seminggu dan dihadiri oleh petinggi kampus dan dosen-dosen di JPR untuk perkenalan. Selama orientasi, terdapat projek yang harus kami lakukan dengan kelompok yang terdiri dari 8 orang, projek yang kami buat adalah sebuah video mengenai perubahan iklim dunia dan kelompok kami memenangkan posisi kedua. Perkualiahan kami dilaksanakan setiap hari senin-kamis dengan 5 mata kuliah dan 1 projek, selama setiap pelajaran dilaksanakan kami didorong untuk aktif dikelas dalam berdiskusi maupun bertanya, adapun aktivitas-aktivitas lain seperti bermain game dikelas Social Competence yang diajarkan oleh Prof. Rainer Janz. Lalu, ada mata kuliah Environmental Communication yang diajarkan oleh Mr. Don Kirk dimana kami diharapkan untuk aktif dikelas untuk membahas mengenai isu lingkungan dan perubahan iklim terutama tentang isu di Indonesia.

 

Kami juga melakukan suatu projek yang bekerja langsung dengan institusi bahasa Jerman di Frankfurt yaitu Europäische Akademie der Arbeit (EAdA), projek yang kami lakukan yaitu membuat storyboard dan musik untuk video promosi institusi tersebut. Ada juga kegiatan dari International Office yang memberi kesempatan kami untuk mempresentasikan tentang Indonesia yang disebar keseluruh kampus. Terakhir, ujian akhir semester yang kami laksanakan pada bulan Januari terdapat presentasi individu maupun kelompok, membuat 2 makalah penelitian, dan yang terakhir membuat penyusunan media projek untuk acara teater terbesar di Belanda.

 

Program pertukaran pelajar Westfälische Hochschule Winter Semester 2019/2020 yang sudah saya ikuti ini sangat banyak memberikan manfaat terutama untuk diri saya pribadi. Mendapatkan kesempatan untuk ikut exchange sudah menjadi impian bagi saya sejak pertama masuk kuliah, saya dapat banyak belajar perihal bagaimana disiplin, tepat waktu, dan kerja kerasnya orang Jerman yang membentuk saya menjadi pribadi yang lebih tekun dan juga karena sistem negaranya yang begitu rapi dan tertata. Pelajaran yang saya dapatkan selama 5 bulan penuh beradaptasi dengan cara belajar orang jerman yang begitu aktif dan kritis dikelas, saya juga belajar untuk lebih berani berbicara dan menyampaikan pendapat didepan umum atau tepatnya didalam kelas, dan tentu berpikir lebih dalam dan kritis lagi dalam berbagai hal.

 

Tentu saja kemandirian adalah pelajaran yang juga berharga, untuk bisa mengurus surat-surat, izin tinggal dan keperluan lainnya dengan sendiri di negeri lain. Selain itu, dapat bersosialisasi, bertukar budaya dan pemikiran dengan mahasiswa Jerman dan mahasiswa dari negara lain telah membuka mata saya bahwa masih banyak yang harus saya pelajari dan alami. Menambah relasi dan koneksi dengan orang-orang dinegara lain juga penting untuk kedepannya, belajar untuk saling memahami dan menghargai.

 

Untuk itu, saya mengucapkan terima kasih banyak kepada pihak-pihak yang sudah memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk dapat belajar dan membuka wawasan di negeri lain. Saya berharap program ini tetap berlanjut antara pihak FIABIKOM UNIKA Atma Jaya dengan JPR Westfälische Hochschule karena banyaknya ilmu dan manfaat yang diperoleh mahasiswa dengan saling bertukar budaya dan ilmu sehingga mahasiswa dapat menerapkannya saat sudah kembali.

 

Kalender
S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30 31
bottom