1
|
MMG 601
|
Manajemen Keuangan Korporasi
|
3
|
Ini adalah kursus menengah di bidang keuangan yang berfokus pada aspek praktis keuangan perusahaan. Topik yang dibahas meliputi matematika keuangan, penilaian keamanan, keputusan investasi dan pembiayaan, risiko dan pengembalian trade-off, dan dasar-dasar manajemen keuangan internasional.
|
|
MMG 607
|
Akuntansi untuk Manajer
|
3
|
Tujuan utama dari kursus ini adalah untuk memberikan pemahaman kepada siswa tentang fungsi akuntansi manajemen, termasuk alat, teknik, dan sistem yang digunakan akuntan manajemen untuk menginformasikan pengambilan keputusan manajer senior. Akuntansi keberlanjutan akan diperkenalkan.
|
|
MMG 605
|
Manajemen Pemasaran Keberlanjutan
|
3
|
Kursus ini berfokus pada berbagai strategi pemasaran, termasuk strategi segmentasi, penargetan, positioning, dan bauran pemasaran (produk, harga, tempat dan promosi) dan mengeksplorasi bagaimana strategi tersebut berkontribusi pada keunggulan kompetitif perusahaan di pasar.
|
|
MMG 603
|
Manajemen SDM Berbasis Kompetensi
|
3
|
Kursus ini menekankan pada bagaimana seorang manajer dapat lebih efektif mengelola sumber daya manusia dan menyoroti isu-isu penting dalam praktik HRM saat ini. Ini akan fokus pada peningkatan bakat manusia dalam organisasi untuk tujuan mencapai keunggulan kompetitif.
|
|
MMG 609
|
Kewirausahaan Keberlanjutan & Manajemen Inovasi
|
3
|
Kursus ini mendekati masalah lingkungan sebagai peluang kewirausahaan dan melihat pengusaha berpengaruh dalam menciptakan perubahan lingkungan, sosial dan ekonomi yang positif. Kursus ini akan membantu siswa memahami kewirausahaan lingkungan (alias ‘eco-preneurship‘). Siswa akan bekerja untuk memahami dan mengembangkan peluang bisnis baru yang berkelanjutan secara lingkungan dan sosial yang akan membantu menggerakkan kita menuju ekonomi yang lebih berkelanjutan
|
|
|
|
TOTAL SEMESTER 1
|
15
|
|
|
2
|
MMG 604
|
Metode Penelitian Bisnis & Data Analitik
|
3
|
Sarjana penelitian akan memeriksa dan secara praktis terpapar komponen utama dari kerangka penelitian yaitu, definisi masalah, desain penelitian, pengumpulan data, masalah etika dalam penelitian, penulisan laporan, dan presentasi. Setelah dilengkapi dengan pengetahuan ini, siswa akan ditempatkan dengan baik untuk melakukan penelitian disiplin di bawah pengawasan di bidang yang mereka pilih.
|
|
MMG 602
|
Transformasi Bisnis Digital
|
3
|
Mata kuliah ini membahas tentang fenomena dunia bisnis dari non-digital ke digital, dan dampak dari transformasi tersebut terhadap keberlanjutan dan pembangunan berkelanjutan. Kerangka kerja utama yang akan digunakan dalam mata kuliah ini, yang akan membantu mahasiswa memahami isi mata kuliah, adalah kerangka kerja Transformasi Digital Big-4 (DT Big-4) yang meliputi Transformasi Model Bisnis, Transformasi Proses, Transformasi Domain, dan Transformasi Budaya & transformasi organisasi.
|
|
MMG 606
|
Manajemen Keberlanjutan & Strategi Bisnis
|
3
|
Kursus ini membahas debat global tentang masalah sosial dan lingkungan, memperkenalkan teori keberlanjutan, dan mempertimbangkan implikasi keberlanjutan untuk strategi, kebijakan, dan manajemen bisnis
|
|
|
Major Course 1
|
3
|
|
|
|
Major Course 2
|
3
|
|
|
|
TOTAL SEMESTER 2
|
15
|
|
|
Daftar Mata Kuliah Peminatan
|
|
MAK 657
|
Analisis Investasi & Manajemen Risiko
|
3
|
Kursus ini mengkaji cara bisnis dan masyarakat menilai, mengendalikan, dan mentransfer risiko. Ini dirancang untuk siswa yang tidak memiliki pengetahuan sebelumnya tentang manajemen risiko. Tujuan dari kursus ini adalah untuk melibatkan siswa dalam penemuan aktif prinsip-prinsip manajemen risiko.
|
|
MAK 651
|
Manajemen Keuangan Internasional
|
3
|
Kursus ini bertujuan untuk memberikan pemahaman yang kuat tentang keuangan internasional dalam konteks pasar modal yang kompleks. Ini menekankan perspektif manajerial keuangan untuk perusahaan multinasional (MNC). Siswa akan dipersiapkan untuk, dan dibekali dengan keterampilan yang diperlukan untuk, manajemen investasi internasional, akuisisi lintas batas, penganggaran modal internasional, dan manajemen kas multinasional dan pembiayaan perdagangan.
|
|
MAS 652
|
Pemasaran Strategik
|
3
|
Kursus ini mengkaji pengembangan dan implementasi strategi pemasaran dengan menyediakan kerangka kerja untuk mengidentifikasi dan mengevaluasi opsi dan program strategis.
|
|
MAS 653
|
Perilaku Konsumen
|
3
|
Fokus kursus ini adalah untuk memahami pendekatan teoretis dan metodologis saat ini untuk berbagai aspek perilaku konsumen, serta memajukan pengetahuan ini dengan mengembangkan hipotesis yang dapat diuji dan perspektif teoretis yang dibangun di atas basis pengetahuan saat ini.
|
|
MAM 661
|
Strategik Manajemen SDM
|
3
|
Teori dan penelitian dalam strategi HRM, termasuk perdebatan tentang ‘best fit’ dan ‘best practice‘. Pandangan berbasis sumber daya dari perusahaan dan persaingan untuk modal manusia dalam ekonomi pengetahuan. Peran spesialis SDM dan praktik perencanaan SDM.
|
|
MAM 658
|
Manajemen Hubungan Industrial
|
3
|
Kursus ini membahas teori hubungan industrial; organisasi dan struktur serikat pekerja; peraturan ketenagakerjaan terutama di INDONESIA; merundingkan dan mengadministrasikan kesepakatan bersama; antara topik lainnya.
|
|
3
|
MMG 611
|
Etika Bisnis & Tanggungjawab Sosial Perusahaan
|
3
|
Kursus ini bertujuan untuk memperkenalkan siswa dengan konsep dasar dan standar Etika Bisnis dan CSR, dan untuk mengembangkan keterampilan mereka dalam mengidentifikasi, menganalisis, dan mengizinkan dilema etika di tempat kerja. Karena mata pelajaran terkait dengan moralitas dan standar etika, diharapkan siswa akan menunjukkan komitmen dan perilaku etis selama kelas dan pekerjaan belajar mandiri.
|
|
|
Elective Course 1
|
3
|
|
|
|
TOTAL SEMESTER 3
|
6
|
|
|
Mata Kuliah Pilihan
|
MAP 604
|
Akuntansi Keuangan & Analisis Laporan Keuangan
|
3
|
Kursus ini bertujuan untuk memberikan siswa dengan pemahaman tentang penggunaan laporan keuangan dan untuk mengembangkan keterampilan dalam analisis laporan keuangan untuk pengambilan keputusan ekonomi. Siswa akan mengembangkan keahlian dalam menganalisis laporan keuangan untuk keputusan investasi, kredit, bisnis dan manajemen.
|
|
|
Restrukturisasi dan Rekayasa Keuangan
|
3
|
Tujuan dari kursus ini adalah memperoleh teoritis dan praktis. Bagian dari kursus mencakup peraturan hukum untuk memperkenalkan siswa dengan konsekuensi hukum dari kemungkinan kebangkrutan atau likuidasi perkembangan krisis keuangan.
|
|
MAP 608
|
Manajemen Pelaporan Keberlanjutan
|
3
|
Kursus ini direkomendasikan untuk profesional kewarganegaraan korporat yang bertanggung jawab atas desain, pengembangan, dan pelaksanaan penentuan, pengukuran, pelaporan dan/atau pengungkapan kinerja lingkungan, sosial, atau tata kelola mereka. Kursus ini juga bermanfaat bagi para profesional yang baru mengenal bidang kewarganegaraan perusahaan atau mereka yang ingin memperluas pengetahuan umum mereka tentang bidang tersebut.
|
|
MAP 609
|
Manajemen Jasa
|
3
|
Kursus ini akan fokus pada peran pemasaran dalam mengelola layanan. Siswa harus, bagaimanapun, berharap untuk menangani sumber daya manusia, manajemen informasi, operasional, dan keuangan yang tumpang tindih dengan pemasaran selama kursus. Penerapan pemasaran yang strategis membutuhkan integrasi lintas fungsi; ini terutama benar ketika seseorang berbicara tentang pemasaran jasa.
|
|
MAP 610
|
Manajemen Krisis
|
3
|
Manajemen Krisis adalah proses dimana organisasi berurusan dengan peristiwa besar yang tidak terduga yang mengancam untuk merugikan organisasi, pemangku kepentingan, atau masyarakat umum. Dalam kursus ini Anda akan diminta untuk menerapkan pengetahuan dan keterampilan manajemen krisis Anda dalam pengembangan Rencana Manajemen Krisis dan Strategi Media untuk organisasi dunia nyata.
|
|
MAP
611
|
Praktek Profesional & Seminar Keberlanjutan
|
3
|
Manajemen Krisis adalah proses dimana organisasi menunggu dengan peristiwa besar yang tidak terduga yang mengancam untuk merugikan organisasi, pemangku kepentingan, atau masyarakat umum. Dalam kursus ini Anda akan diminta untuk menerapkan dan keterampilan manajemen krisis Anda dalam pengembangan Rencana Manajemen Krisis dan Strategi Media untuk organisasi dunia nyata.
|
|
4
|
MMG
700
|
Tesis
|
6
|
Tujuan dari kursus ini adalah untuk menyelesaikan proyek batu penjuru dalam ilmu spasial, memuncak pengalaman siswa dalam Program MM dan memvalidasi mereka sebagai praktisi master. Berdasarkan proposal tesis dan pekerjaan tesis yang diselesaikan dalam Metodologi Penelitian untuk Bisnis dan dengan persetujuan anggota komite sebagai pembimbing & mentor tesis mahasiswa, mahasiswa harus mengambil MMG 700 yang siap untuk menyelesaikan penulisan tesis mereka dan berhasil mempertahankan tesis mereka.
|
|
|
TOTAL SEMESTER 4
|
6
|
|
|
|
TOTAL SKS
|
42
|
UNTUK LULUS
|
|