Atma Jaya

Awards
Tagline


ENG | IND
 

Home » Program Studi » Info Program Studi

Dosen

Dr. Astrid Gisela Herabadi, Psikolog

 

 

Fokus penelitian

Psikologi sosial dan psychological wealth.

 

E-mail

astrid.gisela@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi singkat

 

Dr. Astrid Gisela Herabadi, Psikolog, saat ini adalah dosen purna waktu di Fakultas Psikologi, Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya Jakarta. Gelar doktor dalam bidang ilmu sosial, dengan kekhususan di bidang Psikologi Sosial, diperolehnya dari Universitas Katolik Nijmegen (sekarang telah berganti nama menjadi Universitas Radboud), Belanda. Sebelumnya, gelar Sarjana Psikologi sekaligus gelar profesi Psikolog didapatkan dari Universitas Indonesia. 

 

Pengalaman kerjanya selama ini diperoleh baik di dalam maupun luar negeri di sektor pendidikan, dan selama menjalani profesi sebagai dosen telah menghasilkan beberapa karya ilmiah yang dipublikasikan dalam jurnal-jurnal ilmiah. Sebagai pendidik dan peneliti berkomitmen untuk menerapkan ilmu Psikologi Sosial demi kesejahteraan masyarakat dengan mengembangkan pendekatan perilaku konsumen yang positif dan lintas disiplin ilmu terutama dalam usaha-usaha marketing sosial yang inovatif. Pemberdayaan individu dalam masyarakat dengan memanfaatkan secara positif perbendaharaan psikologis (psychological wealth) juga menjadi perhatian khususnya. Dengan harapan dapat memberikan wawasan baru yang akan mendorong munculnya kreativitas berbagai pihak terkait, dalam menerapkan kebijakan sosial/publik.

 

 

 

Profesor Irwanto, Ph.D., Psikolog.

 

Fokus penelitian

HIV/AIDS, Perlindungan anak, Narkoba, Intervensi dan kebijakan bagi kelompok marjinal.

 

E-mail

irwanto@atmajaya.ac.id; irwanto_i@yahoo.com

 

Deskripsi singkat

Prof. Irwanto, Ph.D., Psikolog adalah alumni Fakultas Psikologi Universitas Gadjah Mada (1982) dan penerima Beasiswa Fulbright-Hays tahun 1988-1992, di mana ia menyelesaiakan program doktoralnya di Department of Child Development and Family Studies, Purdue University, USA (1992). Prof. Irwanto, Ph.D., Psikolog adalah pionir dalam bidang perlindungan anak, penanggulangan narkotika, dan analisis kebijakan penanggulangan kemiskinan. Kerja kerasnya di bidang yang ditekuninya menghasilkan sejumlah penghargaan, antara lain Asia-Pacific Award for Outstanding Contribution to teaching Social Work (2006) oleh APASWE. Selain mengajar, Irwanto adalah peneliti aktif untuk berbagai persoalan stigma dan diskriminasi. Selain itu juga sebagai konsultan berbagai badan PBB seperti UNICEF, UNAIDS, ILO dan Bappenas, serta mitra pembangunan bilateral seperti USAID, AUSAID, dan GIZ.

 

 

Profesor Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog.

 

 

 

Fokus penelitian

Cross-cultural psychology, indigenous psychology, intergroup relations, dan leadership.

 

E-mail

bsetiadi@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi singkat

Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog. adalah lulusan sarjana Psikologi Universitas Indonesia. Ia melanjutkan studi program master dan doktoral di University of Illinois at Urbana-Champaign, USA dengan peminatan Psikologi sosial, khususnya Psikologi Lintas-Budaya. Sepulangnya dari USA pada tahun 1984, Ia mengajar di Fakultas Psikologi Universitas Indonesia di program S1, S2, dan S3 serta menjadi Pembantu Dekan bidang Akademik tahun 1990-1994. Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog. juga terlibat aktif dalam International Association of Cross-Cultural Psychology (IACCP), termasuk menjadi Ketua Komisi Ilmiah Kongres IACCP di Yogyakarta tahun 2002.

 

Pada tahun 2003, Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog. pindah ke Unika Atma Jaya dan menjabat sebagai Rektor hingga tahun 2007. Saat ini Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog. adalah Guru Besar di Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya dan pengajar di program sarjana dan pascasarjana. Di samping itu ia juga menjadi penguji dan ko-promotor program S3 di universitas lain, baik dalam maupun luar negeri. Ia juga aktif di Asosiasi Perguruan Tinggi Katolik dimana ia menjabat sebagai Wakil Ketua pada tahun 2014-2020. Di samping keterlibatan dalam beberapa yayasan sosial dan pendidikan, Prof. Bernadette N. Setiadi, Ph.D., Psikolog. memiliki perhatian besar terhadap kemajemukan budaya Indonesia serta keterkaitannya dengan perilaku manusia, hubungan antar kelompok, dan kepemimpinan.

 

 

 

Prof. Dr. Benedicta P. Dwi Riyanti, M.Si., Psikolog.

 

 

 

Fokus Penelitian

Kewirausahaan konteks psikologi, kreativitas dan inovasi, pengelolaan dan pengembangan  SDM, penyusunan alat ukur.

 

Email:

dwi.riyanti@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi Singkat

Prof. Dr. Benedicta Prihatin Dwi Riyanti, M.Si, Psikolog adalah lulusan Program Doktor Fakultas Pasca Sarjana, Universitas Indonesia tahun 2002. Ia meraih gelar profesor pada tahun 2009 di bidang Kewirausahaan dan Psikologi Industri dan Organisasi. Selain sebagai dosen tetap di Prodi Doktoral Fakultas Psikologi Unika Atma Jaya Jakarta, Prof. Dr. Benedicta Prihatin Dwi Riyanti, M.Si, Psikolog juga giat melakukan penelitian khususnya di bidang kewirausahaan dan Pengembangan SDM. Saat ini sedang menyelesaikan penelitian tahun ke tiga tentang Kompetensi Kewirausahaan dari dana HIbah DRTM Dikti. Prof. Dr. Benedicta Prihatin Dwi Riyanti, M.Si, Psikolog juga tercatat sebagai asesor LSP Psikologi.

 

 

 

Profesor, Dr. phil. Hana Panggabean, Psikolog.

  

 

Fokus penelitian

Diversity & inclusion management, intercultural competence & communication, group diversity, cross-cultural leadership, indonesian values in workplace.

 

E-mail

hana.panggabean@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi singkat

Profesor Dr. phil. Hana Panggabean, Psikolog. lulus sebagai sarjana psikologi dan psikolog dari Universitas Indonesia pada tahun 1994 dan memperoleh gelar S3 dari Universitas Regensburg, Jerman dalam bidang psikologi perilaku antar budaya. Selain mengajar di prodi sarjana dan pascasarjana Fakultas Psikologi, juga mengajar program sertifikasi Unika Atma Jaya, Certified Human Resource Program (CHRP) dan Advanced Human Capital Accomplished (AHCA).Karya sebagai akademisi di Unika Atma Jaya dilengkapi dengan sejumlah pengalaman dalam manajemen universitas, antara lain sebagai Wakil Dekan di bidang Administrasi, Keuangan, dan SDM (2002-2005), Kepala Program Studi Magister Profesi (2005-2010) dan Direktur Pascasarjana (2010-2014). Sejumlah riset yang pernah dan sedang dilakukan: Riset Kepemimpinan Global BUMN dengan sponsor PT Wijaya Karya Tbk;  riset Identitas Etnik dan Kebangsaan pada Lima Etnik Indonesia bekerja sama dengan Fakultas Psikologi dari berbagai universitas (USU Medan, UGM Jogjakarta, UMS Surakarta, Undhira Bali) dengan sponsor  Robert Lemelson Foundation, AS; riset mengenai energi berkelanjutan sebagai bagian dari kerjasama penelitian dengan University of  Applied  Sciences Niederrhein, Institut für Zukunfts Energie Systeme GmbH (IZES), Institute for Energy and Environmental Research (IFEU).Karya sebagai praktisi psikologi di area industri dan organisasi mencakup executive assessment, pelatihan dan workshop di bidang intercultural competence/communcation, serta pengelolaan keberagaman organisasi. Profesor Dr. phil. Hana Panggabean, Psikolog. adalah co-founder dari Global Indonesian Network, komunitas akademisi dan praktisi yang berfokus pada dialog dan berbagi pengetahuan mengenai peningkatan kompetensi global orang Indonesia.

 

 

 

Dr. Nani Nurrachman Sutoyo, Psikolog.

 

 

 

Fokus penelitian

Kajian kritis psikologi sosial, psikologi budaya, psikologi perempuan, dan ingatan sosial/kolektif.

 

E-mail

nani.nurrachman@atmajaya.ac.id; nanisutoyo07@gmail.com

 

Deskripsi singkat

Lahir di Yogyakarta, 13 Mei 1950. Alumnus dan dosen Fakultas Psikologi Universitas Indonesia sejak tahun 1980. Memperoleh gelar doktornya di universitas yang sama pada tahun 1993 tentang identitas sosial pimpinan organisasi perempuan. Mulai tahun 2000 menjadi  dosen tetap/Kepala Bagian Psikologi Sosial Universitas Katolik Indonesia Atmajaya (Unika Atmajaya), Jakarta. Antara tahun 2013-2015 menjabat sebagai Kepala Program Studi S-1 Psikologi dan dosen di Program Magister Sains, Program Profesi Psikologi dan sejak 2017  sebagai dosen di Prodi S3 Psikologi hingga sekarang ini.

Tahun 1984 mengikuti Women’s Studies Course di New School for Social Research, New York. Selain itu pernah menjadi visiting research scholar pada East Asian Institute, School of International Affairs, Columbia University, New York pada tahun 1985.

 

 

 

Dr. Clara R.P. Ajisukmo, M.Sc., Psikolog.

 

  

 

Fokus penelitian

Psikologi pendidikan dan proses belajar,  khususnya pendidikan untuk kelompok marjinal-perempuan dan anak, dan metakognisi serta regulasi diri dalam belajar.

 

E-mail

clara.as@atmajaya.ac.id; claraajisuksmo@gmail.com

 

Deskripsi singkat

Dr. Clara R.P. Ajisukmo, M.Sc., Psikolog lulus sebagai sarjana psikologi dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta pada tahun 1983, dan pada tahun 1989 memperoleh gelar Master of Science dalam bidang Educational Psychology dari State University of New York at Albany (SUNY-Albany) USA. Ia kemudian melanjutkan pendidikan ke tingkat doktoral di Katholieke Universiteit Brabant (University of Tilburg) Negeri Belanda dan menyelesaikan Doktornya pada tahun 1996 di bidang Psikologi Pendidikan khususnya tentang regulasi diri mahasiswa di perguruan tinggi.  Minat utamanya adalah dalam strategi dan gaya belajar siswa, serta berbagai permasalahan pendidikan pada komunitas marjinal terutama pada kaum perempuan dan anak. Ia banyak terlibat sebagai konsultan dalam berbagai penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang didanai oleh UNICEF, UNESCO, ILO, World Vision International, Plan International, Save the Children, Royal Tropical Institute, NUFFIC, Frans Seda Foundation, Perkumpulan Vincentius Jakarta, Kemendikbud, Kemenkes, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Anak Indonesia, dsb. Ia juga aktif sebagai pengurus Komisi Pendidikan Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) dan anggota Profesional dan Usahawan Katolik Indonesia (PUKAT).

 

 

Dr. Phil. Juliana Murniati, M.Si.

 

 

 

 

Fokus Penelitian

Intercultural competence, trustbuilding-intergroup relations, dan global leadership.

 

Email:

juliana.murniati@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi Singkat

Dr. Phil. Juliana Murniati meraih gelar Doktor Psikologi dari Friedrich Schiller Universitaet, Jena, Jerman, pada 2007, dengan beasiswa dari KAAD (Katholischer Akademischer Ausländerdienst) dan sejak 2013-sekarang adalah representatif KAAD di Indonesia. Saat ini tengah mengerjakan projek riset dengan University of Applied Sciences Niederrhein, Institut für Zukunfts Energie Systeme GmbH (IZES), Institute for Energy and Environmental Research (IFEU) dan beberapa industry Jerman (Brueckner, THIES, bioltex) terkait Energi berkelanjutan. Selain mengajar dan meneliti Dr. Phil. Murniati juga menempati posisi struktural di Unika Atma Jaya, Dekan (periode 2009-2015), Wakil Rektor bidang Akademik (2015-2019), dan Ketua Program Studi (2020-sekarang).

 

 

 

Dr. phil. Mikhael Dua, MA.

 

  

Fokus penelitian

Dimensi tak terukur ilmu pengetahuan, fenomenologi dan hermeneutika.

 

E-mail

michael.dua@atmajaya.ac.id

 

Deskripsi singkat

Dr. phil. Mikhael Dua, MA. adalah sarjana filsafat di STFK Ledalero, Flores yang melanjutkan master di Ateneo de Manila University, Philippines dan S3 di Hochschule fur Philosophie, Munchen, Jerman. Saat ini sedang menekuni sejarah filsafat ilmu pengetahuan.

 

Di luar kegiatan mengajar, Dr. phil. Mikhael Dua, MA. terlibat dalam diskusi internasional tentang filsafat dan budaya di bawah CRVP (Council for Research in Values and Philosophy) dan COMIUCAP (World Conference of Catholic Universities Institutes of Philosophy) dan diskusi etika di bawah HIDESI (Himpunan Dosen Etika Seluruh Indonesia). Sekarang (2021-2024) menjadi Ketua Gugus Tugas Kajian Ekologis APTIK (Assosiasi Perguruan Tinggi Katolik) di Indonesia. Dalam tahun-tahun terakhir Dr. phil. Mikhael Dua, MA. terlibat dalam kegiatan sosial yang berkaitan fungsinya sebagai kepala adat di Sarasedu, salah satu wilayah adat di Kabupaten Ngada, Flores dan moderator arisan masyarakat bawah yang datang dari Bajawa, Flores, sambil mengembangkan koperasi tak tercatat di departemen koperasi. Dr. phil. Mikhael Dua, MA. menyimpan banyak pengalaman tentang tangisan, kegembiraan, dan harapan masyarakat Flores.

 

 

 

 

Kalender
S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom