EN | ID
 
PROFIL LULUSAN DAN CAPAIAN PEMBELAJARAN DI MAGISTER TEKNIK MESIN

PROFIL LULUSAN DAN DESKRIPSI CAPAIAN PEMBELAJARAN

PROGRAM MAGISTER (S2)

NAMA PROGRAM STUDI: MAGISTER TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK

UNIVERSITAS KATOLIK INDONESIA ATMA JAYA

 

 

 I.             LANDASAN HUKUM

 

  1. Undang-Undang No. 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.
  2. Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas).
  3. Peraturan Presiden Republik Indonesia No. 8 Tahun 2012 tentang Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI).
  4. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 1 Tahun 2017 tentang Pembukaan, Perubahan, Dan Penutupan Program Studi Di Luar Kampus Utama Perguruan Tinggi.
  5. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 100 Tahun 2016 tentang Pendirian, Perubahan, Pembubaran Perguruan Tinggi Negeri, Dan Pendirian, Perubahan, Pencabutan Izin.
  6. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 44 Tahun 2015 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi.
  7. Peraturan Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi No. 13 Tahun 2015 tentang Rencana Strategis Kemenristekdikti tahun 2015-2019.
  8. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi nomor 32 Tahun 2016 tentang Akreditasi Program Studi dan Perguruan Tinggi.
  9. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 81 Tahun 2014 tentang Ijazah, Sertifikat Kompetensi, dan Sertifikat Profesi.
  10. Peraturan Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi No. 62 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi.
  11. Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 73 Tahun 2013 tentang Penerapan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia Bidang Pendidikan Tinggi.
  12. Surat Keputusan Rektor Nomor 748/II/SK-603/05/2011 tentang Perubahan Surat Keputusan Nomor 319/II/SK-603/07/2005 tentang   Penetapan Satuan Kredit Partisipasi.
  13. Surat Keputusan Nomor 506/II/SK-601/03/2011 tentang Penetapan Batas Nilai TOEFL/ Atma Jaya English Language Test/sejenisnya bagi mahasiswa mulai angkatan 2009 Unika Atma Jaya.
  14. Surat Keputusan Rektor Nomor 560/II/SK-601/11/2002 tentang Penilaian Hasil Pembelajaran Mahasiswa di Lingkungan Unika Atma Jaya.

 

II.     NILAI INTI ATMA JAYA

Nilai inti Atma Jaya merupakan pedoman yang diyakini sebagai jiwa yang harus selalu dihayati dan diamalkan oleh pemangku kepentingan organisasi dalam melaksanakan tugas. Nilai-nilai yang berkembang dan hidup dalam organisasi menjadi semangat bagi pemangku kepentingan dalam berkarya dan berkarsa. Nilai inti yang dikembangkan oleh Atma Jaya adalah Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli (KUPP). Penyusunan kurikulum ini dijiwai oleh keempat nilai inti tersebut.

 

III.    VISI, MISI, DAN TUJUAN

 

Visi:

Menjadi pusat unggulan keilmuan teknik mesin khususnya teknik energi dan teknik manufaktur yang menjadi rujukan nasional dan regional sebagai perwujudan nilai-nilai kristiani, unggul, profesional, dan peduli.

 

Misi:

  1. Menyelenggarakan  pendidikan  Magister Teknik  Mesin yang bermutu, profesional, dan menjadi pusat inovasi iptek Teknik Mesin sebagai basis manajemen masa kini.
  2. Menyelenggarakan penelitian dan publikasi ilmiah yang berkualitas pada lingkup nasional dan internasional.
  3. Memanfaatkan IPTEK bidang teknik mesin untuk pemecahan masalah-masalah masyarakat melalui kegiatan pengabdian kepada masyarakat.

 

Tujuan:

  1. Menghasilkan lulusan yang memiliki kemampuan mengembangkan dan mengimplementasikan sistem mekanikal khususnya teknik energi dan teknik manufaktur serta menguasai strategi pengelolaan teknologi di bidang yang dikuasainya tersebut.
  2. Menghasilkan karya-karya ilmiah bidang teknik mesin bertaraf nasional dan internasional.
  3. Menghasilkan konstribusi keilmuan dan teknologi bidang teknik mesin kepada masyarakat Indonesia.

 

IV.    PROFIL LULUSAN

 

Profil lulusan Program Studi Magister Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya diharapkan dapat berperan sebagai:

  1. Pengembang dan pengimplementasi sistem mekanikal khususnya teknik energi dan teknik manufaktur.
  2. Penyusun dan pengimplementasi strategi pengelolaan teknologi.

 

V.     CAPAIAN PEMBELAJARAN LULUSAN PROGRAM STUDI

 

5.1.  SIKAP

  1. Bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa dan mampu menunjukkan sikap religius.
  2. Menjunjung tinggi nilai kemanusiaan dalam menjalankan tugas berdasarkan agama, moral dan etika.
  3. Berkontribusi dalam peningkatan mutu kehidupan masyarakat, berbangsa, bernegara, dan kemajuan peradaban berdasarkan Pancasila.
  4. Berperan sebagai warga negara yang bangga dan cinta tanah air, memiliki nasionalisme serta rasa tanggungjawab pada negara dan bangsa.
  5. Menghargai keanekaragaman budaya, pandangan, agama, dan kepercayaan, serta pendapat atau temuan orisinal orang lain.
  6. Bekerja sama dan memiliki kepekaan sosial serta kepedulian terhadap masyarakat dan lingkungan.
  7. Taat hukum dan disiplin dalam kehidupan bermasyarakat dan bernegara.
  8. Menginternalisasi nilai, norma, dan etika akademik.
  9. Menunjukkan sikap bertanggungjawab atas pekerjaan di bidang keahliannya secara mandiri.
  10. Menginternalisasi semangat kemandirian, kejuangan, dan kewirausahaan.
  11. Menginternalisasi nilai-nilai Kristiani, Unggul, Profesional dan Peduli.

 

5.2. KETERAMPILAN UMUM

  1. Mampu mengembangkan pemikiran logis, kritis, sistematis, dan kreatif melalui penelitian ilmiah, penciptaan desain atau karya seni dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora sesuai dengan bidang keahliannya, menyusun konsepsi ilmiah dan hasil kajian berdasarkan kaidah, tata cara, dan etika ilmiah dalam bentuk tesis atau bentuk lain yang setara, dan diunggah dalam laman perguruan tinggi, serta makalah yang telah diterbitkan di jurnal ilmiah terakreditasi atau diterima di jurnal internasional;
  2. Mampu melakukan validasi akademik atau kajian sesuai bidang keahliannya dalam menyelesaikan masalah di masyarakat atau industri yang relevan melalui pengembangan pengetahuan dan keahliannya;
  3. Mampu menyusun ide, hasil pemikiran, dan argumen saintifik secara bertanggung jawab dan berdasarkan etika akademik, serta mengkomunikasikannya melalui media kepada masyarakat akademik dan masyarakat luas;
  4. Mampu mengidentifikasi bidang keilmuan yang menjadi obyek penelitiannya dan  memposisikan ke dalam suatu peta penelitian yang dikembangkan melalui pendekatan interdisiplin atau multidisiplin;
  5. Mampu mengambil keputusan dalam konteks menyelesaikan masalah pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang memperhatikan dan menerapkan nilai humaniora berdasarkan kajian analisis atau eksperimental terhadap informasi dan data;
  6. Mampu mengelola, mengembangkan dan memelihara jaringan kerja dengan kolega, sejawat di dalam lembaga dan komunitas penelitian yang lebih luas;
  7. Mampu meningkatkan kapasitas pembelajaran secara mandiri; dan
  8. Mampu mendokumentasikan, menyimpan, mengamankan, dan menemukan kembali data hasil penelitian dalam rangka menjamin kesahihan dan mencegah plagiasi.

 

5.3.  KETERAMPILAN KHUSUS

  1. Mampu menerapkan pengetahuan matematika, ilmu sains dasar serta dasar-dasar ilmu teknik untuk mengidentifikasi, merumuskan, dan menyelesaikan masalah-masalah bidang teknik mesin.
  2. Mampu merancang komponen, mengoperasikan, mengelola, dan merawat mesin dan sistem yang berhubungan dengan permesinan.
  3. Mampu merancang, melaksanakan eksperimen, menganalisis serta menafsirkan data yang diperoleh.
  4. Mampu memanfaatkan metode, keterampilan, dan peralatan teknik modern yang diperlukan untuk pekerjaan teknik.
  5. Mampu berkomunikasi secara efektif, tidak hanya dengan sesama sarjana teknik tetapi juga dengan masyarakat luas, termasuk kemahiran dalam berbahasa asing (diutamakan bahasa Inggris).
  6. Mampu bekerja secara efektif baik secara individual maupun dalam tim multidisiplin atau multibudaya.
  7.    Mampu melaksanakan proses belajar seumur hidup.
  8.    Mampu berpikir kreatif dalam bidang rekayasa mekanik.
  9.    Mampu menerapkan technopreneurship dalam bidang teknik mesin.

 

5.4.  PENGUASAAN PENGETAHUAN

  1. Menguasai teori tentang etika dan profesi bidang teknik.
  2. Menguasai teori tentang kewirausahaan dan proses untuk menghasilkan inovasi bidang teknik mesin.
  3. Menguasai teori tentang masalah kontemporer yang berkaitan dengan teknik mesin.

 

 

S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved