EN | ID
 
KISAH: Ratna Miranda Suwanto, dari Organisasi Kampus Hingga Vice President Lazada Indonesia

Jakarta, 19 April 2016 – Tim Marketing Public Relations (MPR) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya sangat beruntung dapat menemui Ratna Miranda Suwanto di kantornya yang terletak di daerah Kuningan, Jakarta Selatan. Disela-sela kesibukannya, tim MPR berhasil mewawancarai alumni Fakultas Ilmu Administrasi Bisnis dan Ilmu Komunikasi (FIABIKOM) tahun 2004 tersebut. Wanita yang akrab disapa Miranda ini, ternyata adalah pribadi yang ambisius dan gemar mengikuti kegiatan organisasi sejak masih duduk di bangku kuliah.

 

 

“Aku ini lumayan ambisius dan ngga mau kalah, aku suka tantangan baru setiap hari. Hal itu membuatku semangat pergi ke kantor, karena aku penasaran dengan apa yang bisa aku lakukan pada hari itu,” ujar Vice President Lazada ini bersemangat kepada tim MPR.

 

Ia mengaku bahwa banyak sekali hal yang ia dapatkan selama menjadi mahasiswa di Unika Atma Jaya. Menurutnya, Unika Atma Jaya banyak memberikan kontribusi positif sehingga ia dapat menjadi seperti sekarang ini.

 

“Waktu kuliah S1, aku aktif di organisasi Senat Fakultas, aku rasa itu memberi andil yang cukup besar untukku belajar mengenai kehidupan keorganisasian. Aktif berorganisasi itu sangat membantu ketika lulus kuliah, aku jadi tahu bagaimana harus deal dengan orang lain dan juga dengan masalah-masalah yang ada,” ucap alumni yang dulu mengambil peminatan Bisnis Internasional dan lulus pada tahun 2007 ini.

 

Ketika ia belum lulus kuliah pun, ia sudah magang full time dan bekerja di beberapa perusahaan multinasional ternama di Indonesia, antara lain Toyota Astra dan HSBC Bank. Setelah menyelesaikan studi S-1 nya di Unika Atma Jaya, Miranda memutuskan untuk pergi ke Jerman dan mengambil program Magister jurusan Money and Finance. Ia sempat bekerja di perusahaan konsultan manajemen McKinsey, sebelum akhirnya kembali ke Indonesia.

 

Pada usia yang masih muda tersebut, sepak terjangnya dalam dunia bisnis memang tidak dapat diragukan lagi. Tentu saja, semua itu adalah hasil kerja keras dan passion nya terhadap pekerjaan yang ia geluti.

 

“Aku ingat ketika kuliah di Atma Jaya, aku punya teman-teman berorganisasi yang sangat menyenangkan. Meskipun semuanya sibuk kuliah, tetapi masih bisa menyempatkan diri rapat untuk menyiapkan acara. Selain teman-teman, dosen-dosenku di Atma Jaya pun selalu sangat suportif dan memotivasi aku untuk tetap berprestasi. Semua dosen sangat membantu proses belajar dan juga skripsiku waktu itu,” katanya sumringah mengenang masa kuliahnya.

 

Sebagai penutup wawancara tim MPR dengan Miranda, ia pun berpesan kepada para mahasiswa Unika Atma Jaya agar aktif dalam kelas dan juga dalam organisasi. Karena baginya, pintar dalam bidang akademik saja sangat tidak cukup. (RE)

 
S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28      
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved