EN | ID
 
TEDxUAJ: Berpikir Kembali untuk Sebuah Kebahagiaan

Jakarta, 11 Maret 2017 – Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Latihan Keterampilan Manajemen Mahasiswa (LKMM) Unika Atma Jaya menyelenggarakan acara TedxUAJ yang bertema “Rethink” pada Rabu (8/3) di Aula BKS. Pembicara yang hadir adalah Heidi Camila, Karina Pudjiati, Kelvin Halim, Pingky Ruslie, Richardus Ardi, Brandon Halim, dan Denny AJD.

 

TED sendiri adalah kepanjangan dari Technology, Entertainment, dan Design. TED memiliki tagline yaitu Ideas Worth Spreading, sebuah ilmu atau ide akan lebih berguna apabila dapat disebarkan ke orang banyak. Secara singkat, TED merupakan sebuah wadah untuk diskusi dan berbagiide-ide brilian secara bersama-sama dalam membangun bangsa.

 

TED hanya diadakan di California, U.S, tetapi karena banyak orang yang tidak bisa datang langsung ke TED venue, banyak kota di dunia mengadakan TED event dengan menggunakan lisensi gratis dari TED bernama TEDx. Salah satu universitas yang memberi ruang diadakannya TEDx ini adalah Universitas Katolik (Unika) Atma Jaya.

 

“TedxUAJ tahun ini mengambil tema “Rethink”. Tujuannya agar orang-orang dapat memikirkan kembali kehidupan mereka, apakah kehidupan mereka sudah bahagia dan diisi dengan kegiatan yang positif serta berguna bagi dirinya sendiri maupun orang lain,” ucap Clive selaku ketua acara.

 

Ketika seseorang menjadi dewasa dan mulai dituntut untuk menjalani kehidupannya secara mandiri, ada suatu hal yang berubah dalam menyikapi perubahan diri. Tanpa disadari, pola pikir mulai berkembang dan terjadi pergeseran makna tentang kebahagiaan.

 

Kelvin mengatakan kita harus memandang kehidupan ke arah sudut pandang yang bahagia. Ada dua hal yang dapat dilakukan untuk bahagia. Pertama, kita harus memilih terlebih dahulu untuk menjadi bahagia. Bahagia bukan tentang apa, bahagia tentang bagaimana kita menjalaninya. Kedua, selalu mengucap syukur dan berdoa setiap hari karena dengan bersyukur dan berdoa kita dapat menyebarkan hal positif ke orang lain dengan senyuman.

 

 

Denny AJD dalam pemaparan materi TEDxUAJ

 

 

Pingky juga menambahkan untuk menjadi bahagia, manusia harus mempunyai mimpi. Jadilah pribadi yang jangan takut untuk bermimpi. Tulis mimpi tersebut dalam sebuah buku untuk membantu kita memiliki komitmen dalam menggapainya. Selanjutnya, kita harus mulai melakukan sesuatu dari hal yang terkecil, ulangi setiap hari, dan berani mengambil tantangan.

 

Menjadi agen perubahanuntuk kebahagiaan orang lain merupakan kebahagiaan yang sesungguhnya.”Ujian pertama dalam melakukan perubahan adalah kesulitan. Kesulitan dapat dikalahkan apabila kita mengenal diri sendiri. Dengan mengenal diri sendiri, kita dapat mengetahui jati diri, tahu akan kelemahan dan kelebihan sendiri dan dapat meletakkan kelebihan di atas kesulitan yang dialami,” ucap Richard.

 

Selain itu perubahan perspektif dalam memandang orang lain juga merupakan salah satu hal yang dapat membuat hidup lebih bahagia. Rendy menjelaskan sebagai seorang manusia, harus memandang humans as stories. Artinya, di balik sikap yang dimiliki oleh orang lain, selalu ada cerita di dalamnya. Jangan memandang orang dari luarnya saja, tetapi jadilah pendengar yang baik dan hargailah setiap pendapat mereka.(SH)

S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved