EN | ID
 
Seminar Launching Program Studi S1 Teknik Manufaktur: Peran Teknik Manufaktur Dalam Perkembangan Manufaktur di Indonesia

Jakarta, 18 Maret 2017 -  Fakultas Teknik Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya mengadakan seminar Launching Prodi (Program Studi) S1 Teknik Manufaktur pada Selasa (14/3) di Gedung Yustinus lantai 15 dengan tema “Peran Teknik Manufaktur dalam Perkembangan Industri Manufaktur di Indonesia”. Program studi ini merupakan Prodi Tenik Manufaktur Pertama di Indonesia yang izinnya telah disetujui oleh Kementrian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Ristek DIKTI).  

 

Keynote speaker yang hadir adalah Doddy Rahadi M.T (Direktur Industri Logam Kementrian Perindustrian). Selain itu, Budi Santoso (Direktur Utama PT. Dirgantara Indonesia), Benawati Abas (CEO PT. Honda Prospek Motor), dan Andi Gunanto (Group Manager Engineering PT. AISIN Indonesia) yang merupakan alumni dari Teknik Mesin Unika Atma Jaya juga akan memberikan materi seputar perkembangan manufaktur di Indonesia.

 

“Pembukaan Prodi Teknik Manufaktur merupakan lembaran baru bagi Unika Atma Jaya dalam mencetak lulusan yang dapat berguna bagi bangsa,” kata Aswin Wirjadi, Ketua Yayasan Atma Jaya.

 

Ronald Sukwadi, (Dekan Fakultas Teknik Unika Atma Jaya) menambahkan Prodi Teknik Manufaktur Unika Atma Jaya merupakan satu-satunya Program Studi Teknik Manufaktur di Indonesia dengan gelar Sarjana dan memiliki tiga peminatan khusus yakni rekayasa perancangan produk, rekayasa sistem produk, dan otomasi dalam manufaktur. Program Studi Teknik Manufaktur ini juga memiliki banyak kerjasama dengan pihak luar sehingga semakin menambah mutu dan kualitas lulusannya.

 

 

Pemotongan pita tandai peresmian Prodi S1 Teknik Manufaktur

 

“Seminar ini digelar dengan tujuan untuk memperkenalkan serta sebagai ajang promosi untuk memberikan pengenalan mengenai ilmu terkait dengan Program Studi S1 Teknik Manufaktur dan Program Studi S1 Teknik Mesin kepada para siswa- siswi SMA dan Media,” tegas Prita Basuki selaku Penanggung Jawab acara.

 

Beberapa perwakilan dari SMA (Sekolah Menengah Atas) Don Bosco Pondok Indah, Don Bosco Kelapa Gading, Mater Dei Pamulang, dan Strada Rajawali Kemayoran juga turut hadir memeriahkan Launching Prodi (Program Studi) S1 Teknik Manufaktur.

 

“Prodi S1 Teknik Manufaktur dibuka untuk memberikan sumbangsih dalam bentuk tenaga insinyur yang profesional guna mendukung industri nasional. Tidak hanya itu, kami juga akan mengembangkan bidang-bidang yang terkait dengan manufaktur. Untuk mendukung pengembangan tersebut, kami mendirikan Pusat Studi Teknik Manufaktur di Kampus III Unika Atma Jaya BSD,” tambah Hadi Sutanto, selaku Kepala Prodi Teknik Manufaktur.

 

Perusahaan manufaktur merupakan penopang utama perkembangan industri di sebuah negara. Perkembangan industri manufaktur di sebuah negara juga dapat digunakan untuk melihat perkembangan industri secara nasional.  “Industri manufaktur saat ini sedang berkembang sangat pesat dari otomotif, komponen otomotif, penerbangan dan militer,” ungkap Doddy Rahadi.

 

Diharapkan dengan dibukanya Program Studi Teknik Manufaktur ini dapat membantu program pemerintah sekaligus dalam mempersiapkan ketatnya persaingan di tahun mendatang. Indonesia dan negara-negara di wilayah Asia Tenggara terus meningkatkan kualitas industri sebuah kawasan yang terintegrasi yang dikenal sebagai Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). (SH)

 

 

Para pembicara dengan pihak Atma jaya melakukan foto bersama seusai acara

S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved