EN | ID
 
Serah Terima Sertifikasi AIPT Peringkat A Unika Atma Jaya

Pimpinan Yayasan dan Universitas Atma Jaya bersama Illah Sailah (Ketua Kopertis Wilayah III) dan juga Totok Prasetyo (Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi)

 

 

Jakarta, 13 Februari 2017 – Pada penghujung tahun 2016, tepatnya 28 Desember yang lalu, Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi mengumumkan bahwa Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya meraih akreditasi A oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Dalam rangka mengucap syukur atas prestasi yang telah diraih, Unika Atma Jaya menyelenggarakan acara seremonial ‘Diskusi dan Serah Terima Sertifikasi AIPT Peringkat A’ pada Senin (13/2) di Gedung Yustinus lantai 15. Acara ini dilanjutkan dengan kuliah umum bertajuk ‘Peran Akreditasi Perguruan Tinggi bagi Peningkatan Mutu Pendidikan Tinggi Indonesia’ yang dibawakan oleh Totok Prasetyo, Direktur Pembinaan Kelembagaan Perguruan Tinggi, Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

 

A. Prasetyantoko, selaku Rektor Unika Atma Jaya, mengungkapkan dalam kata sambutannya bahwa tanggung jawab sosial merupakan tantangan yang tak kalah penting ketika sebuah perguruan tinggi sudah mendapat akreditasi A, terutama untuk memberikan kontribusi bagi bangsa. “Kita harus mulai thinking for others, tidak hanya diri sendiri. Tentunya juga dengan menjaga kualitas mutu tri dharma supaya dapat mencapai pengembangan pada level regional maupun interasional,” lanjutnya.

 

Senada dengan Prasetyantoko, Aswin Wirjadi, Ketua Yayasan Atma Jaya, mengatakan bahwa akreditasi A ini merupakan hasil dari jerih payah dan kerja sama selama ini. “Kini yang harus dilakukan adalah mempertahankannya. Memang itu adalah tugas yang berat, namun saya percaya bahwa kita semua bisa mempertahankannya dan bahkan membuatnya jadi lebih baik,” tambah Aswin.

 

Acara ini turut mengundang Illah Sailah sebagai Ketua Kopertis wilayah III. Menurutnya, yang paling sulit untuk dipertahankan adalah akademik atmosfir dalam universitas. Suasana akademik tersebut melibatkan kompetisi dosen, para mahasiswa, dan tenaga administrasinya. Hal tersebutnya yang menjadi penting dan perlu untuk dipertahankan agar penjaminan mutu di internal universitas ini dapat berjalan sehingga dapat memberikan pelayanan yang bermutu.

 

Kuliah umum yang dibawakan oleh Totok Prasetyo menggambarkan peran akreditasi yang diperoleh perguruan tinggi dalam peningkatan mutu pendidikan tinggi Indonesia. “Akreditasi A itu bukan hanya mengubah nilai B menjadi A, melainkan juga harus mengubah budaya mutu. Jadi kalau sudah berubah menjadi A, semua kualitasnya harus A; kualitas dosen-dosennya, penelitian-penelitiannya, kegiatan-kegiatan mahasiswanya, dan fasilitas-fasilitasnya. Ini yang jadi tantangan untuk selalu mempertahankan dan meningkatkan kualitas tersebut,” jelas Totok.

 

Seusai pemberian kuliah umum tersebut, acara dilanjutkan dengan serah-terima sertifikasi, penyerahan simbolisasi, dan tanda tangan berita acara yang dilakukan oleh Rektor Unika Atma Jaya dengan pihak BAN-PT. (VG)

 

 


Penyerahan secara Simbolis Akreditasi A dari BAN-PT kepada Unika Atma Jaya

 

S S R K J S M
  1 2 3 4 5 6
7 8 9 10 11 12 13
14 15 16 17 18 19 20
21 22 23 24 25 26 27
28 29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved