EN | ID
 
Seminar Hukum Bisnis dalam Perspektif Pembangunan di Indonesia

Para peserta melakukan foto bersama seusai acara

 

Jakarta, 02 Februari 2017- Fakultas Hukum Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya Jakarta, bekerjasama dengan Asosiasi Pimpinan Perguruan Tinggi Hukum Indonesia (APPTHI) menyelenggarakan Seminar Nasional dan Call for Papers dengan tema “Hukum Bisnis dalam Perspektif Pembangunan di  Indonesia”. Seminar yang diselenggarakan pada Rabu (25/01) di gedung Yustinus lt. 14 Unika Atma Jaya menghadirkan Prof. Dr. Johannes Gunawan (Universitas Parahyangan), Prof. Dr. IBR. Supancana (Unika Atma Jaya), dan Prof. Dr. Makarim Wibisono (Universitas Airlangga) sebagai pembicara.

 

 “Seminar ini merupakan salah satu kontribusi Unika Atma Jaya dalam bidang hukum  sebagai upaya untuk menambah wadah bagi akademisi dalam mengembangkan ilmunya. Ilmu yang mereka punya nantinya akan disalurkan kepada masyarakat dan pemerintah dalam bentuk kebijakan-kebijakan yang dibuat dan tentunya untuk dunia pendidikan,” ujar Adeline, selaku ketua panitia seminar.

 

Pelaksanaan Pasar Bebas ASEAN (Association of South East Asia Nations) telah membuat perekonomian dan bisnis di Indonesia berkembang cukup pesat tidak hanya pada lingkup nasional tetapi juga internasional.

 

Dalam perkembangan dunia bisnis, hukum sebagai suatu sarana pembangunan masyarakat yang diharapkan dapat mendukung kegiatan perekonomian dan bisnis demi terciptanya perlindungan serta kepastian hukum.

 

Untuk mendukung hal tersebut memerlukan kesiapan dalam bidang hukum guna kepastian berinvestasi. Oleh sebab itu diperlukan sumbangsih dari para akademisi dan praktisi untuk mengoptimalkan perkembangan hukum bisnis dan ekonomi dalam dunia usaha.

 

Beberapa aspek hukum dalam kaitan ekonomi bisnis yang perlu mendapat perhatian lebih antara lain Hukum Perlindungan Konsumen, Hukum Penanaman Modal, Hukum Kekayaan Intelektual, Hukum Persaingan Usaha, Hukum Perusahaan, Cyber Law dalam Bisnis, termasuk juga masalah dalam Penyelesaian Sengketa Bidang Bisnis atau Perdagangan.

 

Menyadari hal ini, tidak ada kata lain kecuali hukum harus lebih berkembang mengikuti jaman, komprehensif dan dilakukan pembaharuan-pembaruan pada bidang-bidang Hukum, khususnya dalam bidang Hukum Ekonomi bisnis.

 

“Saya berharap acara seperti ini dapat dilaksanakan setiap setahun sekali dan bisa membentuk suatu komunitas atau asosiasi dosen-dosen Hukum Ekonomi Bisnis agar nantinya bisa menjalin kerjasama satu sama lain,” ucap Adeline. (SH)

S S R K J S M
          1 2
3 4 5 6 7 8 9
10 11 12 13 14 15 16
17 18 19 20 21 22 23
24 25 26 27 28 29 30
31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved