EN | ID
 
Seminar Ilmiah Bersama Fakultas Kedokteran Unika Atma Jaya

Suasana Seminar Atma Cordis

 

Jakarta, 12 Februari 2017 – Senat Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menyelenggarakan seminar ilmiah yang bertema ‘Chronic Pain: A Systematical Approach of Concept and Health Care Management’pada hari Sabtu (11/2) di Auditorium Klara Asisi lantai 4 Kampus Pluit Unika Atma Jaya dengan dihadiri 180 peserta.

 

Sebelumnya, rangkaian acara telah diselenggarakan yaitu perlombaan karya ilmiah, city tour, dan gala dinner. Seminar ini merupakan penutupan dari seluruh rangkaian acara Atma Cordis Ilmiah ‘Atma Jaya United Scholar Competition and Annual Congress (AESCULAPIUS)’ 2017.

 

Kegiatan ini merupakan bentuk aspirasi mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya (FKUAJ) untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan mengenai chronic pain (nyeri kronik) sehingga para mahasiswa dan dokter sigap dalam menangani, serta masyarakat pun sadar akan bahaya ini.

 

“Nyeri kronik masih merupakan suatu tantangan yang akan dihadapi oleh dokter umum maupun dokter spesialis dalam bidang apa pun, di mana pun, dan kapan pun,” ujar dr. Irene, sp.A

 

Nyeri kronik sering dialami dan hal ini sangat mempengaruhi kualitas kehidupan seseorang,  contohnya: low back pain, vertigo, neuralgia trigemina, dan lainnya. Bahkan,  tidak sedikit orang yang ingin bunuh diri ketika mereka mengalami nyeri kronik karena membuat kualitas hidupnya menurun.

 

 Pemaparan materi oleh dr. Jimmy Barus dalam seminar Atma Cordis 

 

Selain berkaitan dengan aspek fisik, nyeri kronikj uga dapat memengaruhi aspek sosial dan mental. “Sebenarnya ini masalah serius, tetapi masih banyak yang menganggap ini nyeri biasa saja. Nyeri bisa menjadi indikasi adanya suatu penyakit pada tubuh,” kata Clarissa selaku wakil ketua acara.

 

Clarissa juga mengatakan, dengan adanya kegiatan ini diharapkan meningkatkan kesadaran mahasiswa fakultas kedokteran dan para dokter mengenai masalah-masalah yang berhubungan akan dampak nyeri kronik dan cara mengatasinya. (CTF)

S S R K J S M
      1 2 3 4
5 6 7 8 9 10 11
12 13 14 15 16 17 18
19 20 21 22 23 24 25
26 27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved