EN | ID
 
Selamat Datang Semangat dan Jiwa Baru Atma Jaya 2017

Para mahasiswa baru berkumpul di Sport Hall, Unika Atma Jaya

 

Jakarta, 2 Agustus 2017 - Setelah tiga hari berlalu terhitung mulai 31 Juli 2017 sampai 2 Juli 2017 dalam mengikuti kegiatan pengenalan kampus, tiba juga pada hari terakhir ini Rabu, 2 Juli 2017. Sudah terlihat dari adanya acara pengenalan kampus selama dua hari sebelumnya, hari terakhir ini para mahasiswa baru Atma Jaya angkatan  2017 yang berasal dari berbagai fakultas sudah semakin akrab satu dengan yang lainnya. Pada hari ketiga ini mereka melakukan kegiatan yang hampir sama dengan hari-hari sebelumya. Dimulai pukul 07:00 para mahasiswa baru berkumpul untuk melakukan presensi di setiap kelas masing-masing sesuai dengan kelompok. Hari terakhir ini akan dibagi menjadi empat sesi.

 

Terdapat dua sesi yang dilakukan di dalam kelas, yaitu sesi pertama dinamai dengan sesi Orientasi Perguruan Tinggi. Mereka diminta untuk menjelaskan bagaimana perbedaan sikap,sifat dan tanggung jawab serta pola pikir dari seorang siswa SMA, mahasiswa dan sarjana. Setelah mereka mendiskusikan secara berkelompok, mereka diminta untuk mempresentasikan hasil dari keputusan kelompok dari pembahasan topik ini. Hal ini bermanfaat untuk membantu mereka dalam pengetahuan akan dunia perkuliahan dan bagaimana membentuk karakter setiap mahasiswa. Sesi kedua adalah Benang Merah dan Rencana Tindak lanjut. Dalam sesi ini diadakan permainan disetiap pertanyaan. Disetiap sudut ruang kelas terdapat pilihan lokasi A, B, C dan D. Mereka diminta berdiri dimana mereka menentukan setiap pilihan atau jawaban mereka sesuai statement pada pilihan yang ada.

 

Salah satu sesi dalam acara pengenalan kampus Unika Atma Jaya

 

Setelah melakukan sesi didalam kelas, ada dua sesi lain yang dilakukan diluar ruang kelas. Salah satunya, sesi dimana universitas mengadakan untuk menghormati setiap agama yang dianut oleh para mahasiswanya. Sesi ketiga ini dinamai Sesi Kegiatan keagamaan (Budha, Kong Hu Cu, Hindu, Islam, Katolik dan Kristen). Setiap mahasiswa baru mengikuti sesi ini sesuai dengan kepercayaan masing-masing. Mereka mengikuti ibadah dan mendengarkan khotbah yang disampaikan oleh masing-masing pemimpin agamanya. Setelah mengikuti ibadah, mereka diberikan waktu utnuk beristirahat dan makan siang.

 

Akhirnya sampai pada sesi terakhir pada hari ini. Sesi ini diberi nama Sesi Sahabat Atma Membangun Kepedulian Merajut Kebhinnekaan dan acara penutup. Pada sesi Sahabat Atma Membangun Kepedulian merajut kebhinnekaan, dibagi menjadi tiga spot yaitu sport hall, hall B, hall C. Di tiap-tiap tempat, mereka diminta untuk menuliskan pesan harapan dan komitmen mereka pada nilai Kristiani Unggu Profesional dan Peduli (KUPP) di selembar kertas sticker. Setelah menuliskan semuanya mereka harus menempel itu di spanduk besar yang telah tergambar lambang masing-masing sila yang akan terlihat nanti setelah disatukan setiap spanduk besarnya. Terdapat 5 lambang sila yaitu yang terdapat di sport hall adalah Rantai, Kepala Banteng dan Pohon Beringin. Di hall B terdapat lambang Padi dan Kapas. Dan terakhir di hall C terdapat lambang Bintang. Seteah selesai mereka melanjutkan dengan acara penutupan dengan menyanyikan lagu Garuda Pancasila dan Mars Atma Jaya dengan bangga.

 

Keakraban dan Kekompkan para mahasiswa baru

 

Fernando Farrel mahasiswa baru Fakultas Kedokteran mengatakan bahwa ia mengetahui Atma Jaya melalui teman-temannya dan dia juga mencari informasi tentang Unika Atma Jaya melalui internet dan akhirnya ia mengetahui bahwa Unika Atma Jaya memiliki Akreditasi A. Oleh karena itu selain ia mencoba perguruan tinggi negeri, ia hanya memilih Unika Atma Jaya sebagai pilihan perguruan tinggi swastanya.

 

“Saya sangat senang bertemu dengan teman-teman lain yang dari fakultas lain juga , karna kan jarang-jarang nanti kita pada ketemu dengan fakultas-fakultas lain karna gedumg kampus berbeda. Maka dengan ini momentnya pas untuk kenal satu sama lain akrab , bersatu juga sama yang lainnya,” jelas Farrel. (AL)

S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved