EN | ID
 
Monev PKM 2017

11 Juli 2017 – Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya menjadi tuan rumah Monitoring dan Evaluasi Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) 2017. Trimurti, M.Pd.; Ir. Agustin Widya Gunawan, M.Si; Prof.Dr. Tukiran, M.Si; dan Drs. Umar Mansyur, M.Sc., Apt; dari Kementrian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) menjadi tim penilai terhadap PKM yang dikerjakan oleh para mahasiswa. Terdapat 81 kelompok yang terlibat dalam kegiatan ini, 35 diantaranya berasal dari Unika Atma Jaya. Selain Atma Jaya, juga terdapat delapan universitas lain seperti Sekolah Tinggi Analis Kimia Cilegon, Universitas Muhammadiyah Jakarta, Universitas 17 Agustus 1945 Jakarta, Universitas Darma Persada Jakarta, Universitas Sampoerna, Universitas Trilogi, Universitas Sultan Agung Tirtayasa, Universitas Muhammadiyah Dr Hamka.

 

Agustinus Prasetyantoko (Rektor Unika Atma Jaya) berbagi cerita bahwa pada tahun 1995 beliau juga pernah mengikuti PKM dan mendapatkan juara tiga bersama kelompoknya. Dalam sambutannya, Prasentyantoko menyambut hangat para mahasiswa dan pihak Ristekdikti yang hadir dalam Monev PKM 2017. “Saat ini  Unika Atma jaya mengirimkan 35 kelompok mahasiswa, 33 dari Fakultas Teknik dan 2 dari Fakultas Teknobiologi.  Program ini adalah kesempatan dan alokasi bagi mahasiswa untuk berkreasi dan kami sangat mengapresiasi partisipasi mahasiswa. Kedepan diupayakan untuk mensinergikan program ini dengan fakultas-fakultas lainnya di Unika Atma Jaya sehingga tema yang dihasilkan juga lebih bervariasi.”  Dukungan universitas terhadap program ini sejalan dengan salah satu nilai inti Unika Atma Jaya yaitu mengembangkan sikap kepedulian terhadap masyarakat yang tercermin dari hasil karya mahasiswa sesuai kompetensi program studi masing-masing.

 

Agustinus Prasetyantoko bersama tim penilai

 

Kegiatan Monev PKM 2017 tersebut berlangsung selama dua hari, 10 dan 11 juli 2017. Acara tersebut dilaksanakan di Gedung Yustinus Unika Atma Jaya Kampus Semanggi lantai 14. Para kelompok yang dibagi ke dalam empat gelombang, mempresentasikan kemajuan dan kendala PKM yang sedang mereka kerjakan didepan para tim penilai. Atma Jaya pun menyediakan stand bagi setiap universitas agar bisa menunjukkan dan memajang produk dan hasil pekerjaan mereka.

 

Universitas Muhammadiyah Jakarta melakukan presentasi di depan tim penilai

 

Dari internal Atma Jaya sendiri, ada fakultas teknik dan fakultas teknobiologi yang berpartispasi dalam PKM kali ini. Fakultas teknik ada yang berinovasi membuat roda anti kecelakaan bagi kendaraan matic, pengingat handal sebelum meninggalkan rumah agar terhindar dari kebakaran, pemotong nanas, pemotong timun anti rasa pahit, pembersih kaca, gelang pencegah tenggelam bagi balita, lampu kayu dan masih banyak lagi. Dari FTB sendiri, ada yang menghasilkan obat jerawat berbahan dasar bawang.

 

Stand PKM Unika Atma Jaya

 

Pihak eksternal ada yang melakukan penelitian taksi konvesional versus online, membuat aplikasi online tour guiding di museum wayang, jamu kulo untuk memcegah mual dengan varian rasa coklat dan mocca, gamelan elektrik yang ringan agar mudah dibawa kemana – mana, abu sampah organik pengganti semen, tablet effervescent nanoverbal, dan lain – lain. (IN)

S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved