EN | ID
 
Menutup Pengenalan Kampus dengan Merajut Kebhinekaan

Jakarta, 2 Agustus 2017 - Masa Pengenalan Kampus merupakan tahap awal mahasiswa dalam memasuki perkuliahan di universitas. Pada pengenalan kampus, mahasiswa tidak hanya dikenalkan pada lingkungan fisik universitas, tetapi juga nilai-nilai yang dianut universitas. Mahasiswa baru juga dilibatkan dalam berbagai kegiatan bersama, sehingga menorehkan makna pada pengalaman mereka dengan semangat kebersamaan.

 

Rabu, 2 Agustus 2017 mejadi puncak acara pada kegiatan pengenalan kampus Unika Atma Jaya. Setelah menerima berbagai materi di kelas, pada hari ketiga ini mahasiswa baru dilibatkan dalam pengalaman baru, yakni sesi keagamaan. Sesi keagamaan dilaksanakan secara terpisah di tempat yang berbeda-beda, sehingga mereka dapat beribadah sesuai dengan agama mereka masing-masing. Pada sesi keagamaan, mahasiswa baru dilibatkan dalam diskusi keagamaan yang dipandu oleh dosen-dosen Unika Atma Jaya, terkait toleransi keagamaan di Unika Atma Jaya. Setelah diskusi, sesi keagamaan dilanjutkan dengan peribadatan, seperti shalat dzuhur berjamaah bagi mahasiswa Muslim dan misa bagi mahasiswa Katolik.

 

   

   

Suasana peribadatan (gambar atas) dan Suasana diskusi (gambar bawah) yang dilakukan lintas agama

 

Setelah mendapat pengalaman berdiskusi dan beribadah bersama pada sesi keagamaan, para mahasiswa baru kembali dilibatkan dalam pengalaman bermakna lainnya. Sesi terakhir, yakni sesi kebhinekaan, selain menjadi penutup dari pelaksanaan pengenalan kampus Unika Atma Jaya, juga melibatkan mahasiswa baru Unika Atma Jaya untuk menorehkan sejarah baru dalam pengenalan kampus Unika Atma Jaya. Mahasiswa baru diminta menuliskan harapan dan komitmen mereka pada selembar kertas, yang kemudian akan mereka susun bersama-sama dalam sebuah potongan besar lambang-lambang Pancasila. Sesi ini dihadiri pula oleh Rektor Unika Atma Jaya, Dr. Agustinus Prasetyantoko, seraya menutup pelaksanaan kegiatan pengenalan kampus Unika Atma Jaya 2017.

 

“Selama tiga hari ini, rekan-rekan mahasiswa baru sekalian sudah menerima berbagai hal. Setelah anda pahami dan rasakan, kini Anda wujudkan dalam tindakan yang nyata, apa yang akan Anda lakukan selama kuliah sebagai mahasiwa Unika Atma Jaya nanti,” ujar Dr. Agustinus Prasetyantoko.

 

Kegiatan pengenalan kampus resmi berakhir setelah mahasiswa baru memajang karya mereka di 3 aula, sport hall, hall C dan hall B dan menyanyikan Mars Unika Atma Jaya bersama-sama. Dengan pengalaman kebersamaan yang tercipta selama pengenalan kampus, diharapkan supaya mahasiswa baru Unika Atma Jaya dapat terus mempertahankan semangat kepedulian, demi mewujudkan persatuan sebagai mahasiswa Unika Atma Jaya, terlebih sebagai generasi muda bangsa Indonesia. (PD)

 

 

 

   

Para Mahasiswa Baru membuat serangkaian loves notes yang berisikan harapan dan komitmen mereka pada nilai Kristiani Unggul Profesional Peduli (KUPP) yang kemudian ditempelkan pada spanduk dengan lima lambang Pancasila, Dasar Negara Indonesia Kita Tercinta.

S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved