EN | ID
 
Mengenal Nilai Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli dalam Pengenalan Kampus Hari Kedua

Jakarta, 1 Agustus 2017 - Hari baru, semangat baru. Selasa (1/8), merupakan hari kedua pengenalan kampus Unika Atma Jaya. Pengenalan kampus hari kedua ini diwarnai keceriaan dan semangat Sahabat Atma yang mulai berkumpul di kampus 1 Semanggi sejak pukul enam pagi.

Hari kedua diisi dengan memperkenalkan nilai-nilai inti yang dianut Unika Atma Jaya, yaitu Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli, atau yang dikenal dengan KUPP kepada Sahabat Atma. Pengenalan KUPP dibagi menjadi empat sesi. Sebelumnya, Sahabat Atma dibagi ke dalam empat kelompok dan diajak untuk memasangkan nilai inti dengan sub-sub nilai KUPP. Selain itu, masing-masing kelompok juga menuliskan bentuk nyata nilai KUPP tersebut dalam kehidupan kampus.

 

Pertama adalah sesi Mendalami Nilai Kristiani. Sahabat Atma diajak untuk bersama-sama memainkan games tali, dimana mereka harus mengurai tali yang tersangkut, tetapi tali tersebut tidak boleh putus. Dalam games ini, Sahabat Atma belajar mengenai persaudaraan sejati yang merupakan sub nilai dari nilai inti Kristiani, juga belajar untuk saling bekerjasama di dalam kelompok, rela berkorban dan saling tolong menolong.

 

Para mahasiswa baru bermain games tali untuk mendalami nilai Kristiani

 

Jam makan siang di hari kedua ini agak berbeda dengan hari sebelumnya. Di hari kedua ini, sebelum makan siang dimulai, Sahabat Atma diharuskan mengambil undian yang berisi empat kategori disabilitas, yaitu disabilitas netra, disabilitas daksa 1 dan 2, juga disabilitas tuli dan bisu. Disini kita bisa melihat kepedulian Sahabat Atma kepada temannya yang memiliki disabilitas tertentu. Mereka tidak ditinggalkan, tapi ikut dirangkul dan dibantu. Sesi ini termasuk dalam sesi Mendalami Nilai Peduli.

 

Para mahasiswa baru saling membantu satu sama lain yang kesulitan sekaligus mendalami nilai Peduli

 

Setelah jam makan siang, Sahabat Atma melakukan kegiatan outdoor sekaligus mengenal nilai inti yang ketiga, yaitu Mendalami Nilai Unggul. Disini, Sahabat Atma melakukan aktivitas yaitu membangun candi dengan gelas plastik yang disusun dengan menggunakan kaki. Sesi Mendalami Nilai Unggul ini mengajarkan Sahabat Atma untuk dapat bertindak lebih kritis, berwatak, dan belajar seumur hidup.

 

Aktivitas membangun candi dengan gelas plastik dengan kaki untuk memahami nilai unggul

 

Masuk ke sesi terakhir, yaitu Mendalami Nilai Profesional. Pada sesi ini, Sahabat Atma kembali melakukan aktivitas dimana Sahabat Atma yang telah dibagi menjadi lima kelompok harus mengumpulkan poin sebanyak-banyaknya. Aktivitas ini mengajarkan Sahabat Atma untuk saling membantu kelompok yang kekurangan nilai agar nilai yang didapat bisa seimbang antara satu kelompok dengan kelompok lainnya, juga untuk saling bertanggung jawab atas temannya masing-masing, seperti membantu teman yang kesulitan dan berlaku adil.

 

Kegiatan pengenalan kampus hari kedua ini berjalan dengan lancar dari awal hingga akhir. Semoga nilai Kristiani, Unggul, Profesional, dan Peduli yang didapat di hari kedua ini dapat terus diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. (RFS)

S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved