EN | ID
 
Kuliah Umum Bersama Chris Smyth dari Murdoch University

Chris Smyth dalam memaparkan materi kuliah umum

 

Jumat, 8 September 2017 Prodi Ilmu Komunikasi Unika Atma Jaya mengadakan kuliah umum bersama dengan Chris Smyth dari Murdoch University, Australia. Topik yang dibahas dalam kuliah umum ini adalah “Media Industry and Journalism in Australia.”

 

Sekilas mengenai profil dari Chris Smyth. Chris Smyth memulai karir dibidang jurnalisme sejak tahun 1999 dan pada tahun tersebut beliau juga mengawali karirnya sebagai dosen di Murdoch University. Matakuliah yang diajarkan oleh Chris Smyth adalah Media Law, Ethics, Reporting. Perlu diketahui bahwa Murdoch University mempunyai dua kampus lain selain di Perth, yaitu di Dubai dan Singapura. Dan beliau juga mengajar dikedua kampus tersebut.

 

Selama kuliah umum tersebut, beliau menjelaskan beberapa hal berikut: memaparkan media komunikasi apa saja yang berada di Australia, perubahan dari media komunikasi yang bersifat tradisional menjadi bersifat digital, tren konsumen, peraturan mengenai jurnalisme yang berlaku di Australia, transfromasi industri komunikasi, peran pemerintah dalam kegiatan jurnalisme disana, serta saran yang diberikan mengenai jurnalisme dan media komunikasi yang berlaku di Australia.

 

Untuk Chris Smyth tahun ini merupakan tahun yang penting bagi media di Australia, karena tahun ini merupakan tahun yang tepat bagi pemerintah Australia untuk menanggapi perubahan yang dramatis dalam pandangan media disana, dimana media dan periklanan tidak mendukung satu sama lain dalam kegiatan jurnalisme di Australia.

 

Menurut Chris Smyth, mahasiswa yang mengikuti kuliah umum ini memiliki respon yang baik, mereka menunjukan ketertarikan mereka dengan topik yang dibahas dengan bertanya, padahal topik yang dibahas sudah dalam lingkup internasional, dan Chris Smyth senang dengan hal tersebut.

 

“I just want them to think about a global views, and i think it’s important, if you are in a good university like Atma Jaya, to have a international common talk to the students. Hopefuly it might help them to make a decision about what they’re going to do in the future.” ujar Chris Smyth mengenai harapannya kepada mahasiswa/i yang mengikuti kuliah umum ini. (IO)

 

Foto bersama diakhir kuliah umum dengan Chris Smyth

S S R K J S M
        1 2 3
4 5 6 7 8 9 10
11 12 13 14 15 16 17
18 19 20 21 22 23 24
25 26 27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved