EN | ID
 
I.J. Kasimo, Sosok yang Tegas, Berprinsip Teguh dan Cinta Kebenaran

 I.J. Kasimo (sumber: sesawi.net)

 

Ignatius Joseph Kasimo Hendrowahyono atau yang biasa dikenal dengan I. J. Kasimo lahir di Yogyakarta, 10 April 1990 silam. Beliau adalah salah satu pendiri Unika Atma Jaya yang juga aktif dalam memperjuangkan Indonesia.

 

I.J. Kasimo merupakan anak dari seorang tentara keraton, sehingga sejak kecil ia dididik sesuai tradisi keraton. Saat menempuh pendidikan di sekolah Muntilan yang didirikan oleh Romo Van Lith, ia kemudian tertarik untuk mendalami agama Katolik dan dibaptis secara katolik dengan nama baptis Ignatius Joseph. Tahun 1918, beliau kembali melanjutkan pendidikannya di Bogor dan bergabung dengan Jong Java. Beliau mulai aktif dalam dunia politik pada tahun 1923 dengan mendirikan partai politik Katolik, dan menjadi anggota Volksraad pada 1931-1942.

 

Sejak itu, I.J. Kasimo beberapa kali diangkat sebagai menteri. Beliau berperan aktif dalam berbagai kegiatan kenegaraan, seperti mengikuti konferensi dalam memperjuangkan kemerdekaan Indonesia, memperjuangkan Pancasila sebagai dasar negara saat menjadi anggota dewan, sampai keikutsertaannya dalam perjuangan perebutan Irian Barat. Pada masa orde baru, ia diangkat sebagai anggota Dewan Pertimbangan Agung Republik Indonesia. Beliau dikenal sebagai pribadi yang tegas dan berpegang teguh pada prinsip serta menjunjung tinggi kebenaran.

 

Hermawi Fransiskus Taslim selaku Ketua Forum Alumni PMKRI, dikutip dari m.biokristi.sabda.org, mengatakan bahwa meskipun I.J. Kasimo adalah tokoh minoritas, namun dalam berpolitik di benaknya tidak ada minoritas dalam konsep kewarganegaraan. Baginya, istilah minoritas dan mayoritas merupakan konsep statistik bukan kewarganegaraan.

 

I.J. Kasimo mendapat anugerah Bintang Ordo Gregorius Agung dari Paus Yohanes Paulus II dan diangkat menjadi Komandator Golongan Sipil dari Ordo Gregorius Agung karena perjuangan yang telah ia lakukan. I.J. Kasimo juga dianugerahi gelar pahlawan nasional pada tahun 2011 lalu.

 

Sebagai salah satu pendiri Unika Atma Jaya dan untuk mengenang jasa-jasanya, nama I.J. Kasimo diabadikan sebagai salah satu nama gedung di Unika Atma Jaya, yaitu gedung I.J. Kasimo yang juga dikenal dengan gedung C. (RFS)

 

Referensi: m.biokristi.sabda.org

S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30  
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved