EN | ID
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Visi dan Misi Magister Teknik Mesin

VISI, MISI, DAN TUJUAN

PROGRAM STUDI MAGISTER TEKNIK MESIN

FAKULTAS TEKNIK UNIKA ATMA JAYA

 

 Visi, Misi, Tujuan, dan Sasaranserta Strategi Pencapaian

 

  

 

Mekanisme penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi (Prodi) Magister Teknik Mesin mengacu pada pedoman penyusunan visi dan misi sesuai Standar Akademik Universitas. Standar yang dimaksud adalah:

 

A. VISI

  1. Visi harus merupakan cita-cita bersama yang dapat memberikan inspirasi, motivasi, dan kekuatan pembimbing yang menjiwai pikiran dan kehendak segenap sivitas akademika untuk bertindak.
  2. Visi harus memuat tujuan dan ruang lingkup kerja yang khas dari lembaga.
  3. Visi seharusnya ditinjau dan dirumuskan kembali secara berkala sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan masyarakat.
  4. Visi seharusnya dirumuskan berdasarkan masukan dari berbagai pihak yang berkepentingan.

 

B. MISI

  1. Misi harus memberikan arahan dalam waktu mewujudkan visi dan dinyatakan dalam tujuan-tujuan yang dapat dicapai dalam kurun waktu tertentu (lima tahun).
  2. Misi harus mengandung pokok-pokok mengenai bentuk kegiatan utama yang dapat menjadi landasan hubungan kerja dan perencanaan sumber daya segenap pihak yang berkepentingan.
  3. Misi harus menunjukkan ruang lingkup hasil yang hendak dicapai oleh lembaga yang meliputi pengetahuan, keterampilan, dan sikap dasar yang disyaratkan bagi hasil yang dimaksud.
  4. Misi harus menunjukkan ruang lingkup pasar yang menjadi sasaran.
  5. Misi harus memuat persyaratan yang berkaitan dengan kebijakan lembaga.
  6. Misi harus dirumuskan bersama oleh Senat Universitas, Senat Fakultas, dan pihak-pihak yang berkepentingan.
  7. Misi seharusnya disusun berdasarkan masukan-masukan dari segenap pihak-pihak yang berkepentingan.
  8. Misi harus dapat menjadi tolok ukur dalam evaluasi di seluruh lembaga, Fakultas, dan bagian-bagiannya.

 

Dengan memperhatikan faktor internal dan eksternal, segenap pemangku kepentingan dilibatkan baik secara langsung maupun tidak langsung dalam penyusunan visi, misi, tujuan, dan sasaran Program Studi Magister Teknik Mesin. Selain itu dalam penyusunannya juga mengacu pada visi, misi, tujuan dan sasaran Fakultas Teknik dan Unika Atma Jaya

Faktor internal antara lain kuantitas dan kualitas SDM dosen, peralatan laboratorium, dan fasilitas penunjang lainnya yang telah dimiliki oleh Prodi S1 Teknik Mesin/ Elektro/ Industri dan Fakultas Teknik/ Universitas.

Faktor eksternal antara lain kebutuhan tenaga ahli bidang teknik mesin dengan berlakunya masyarakat ekonomi Asean (MEA) pada 2016, para alumni S1 Teknik Mesin Unika Atma Jaya yang sudah memegang berbagai posisi penting di dunia industri khususnya di wilayah Jabodetabek, dan arah pendidikan nasional.

Tahapan penyusunan visi, misi, tujuan dan sasaran Prodi Magister Teknik Mesin adalah:

  1. Pembentukan panitia dengan keputusan Dekan Fakultas Teknik, yang unsurnya terdiri dari Ketua Prodi Magister Teknik Mesin, dosen yang mengajar di Magister Teknik Mesin, dan Pimpinan Fakultas.
  2. Penitia mengumpulkan data, melakukan analisis, dan penyusunan rancangan visi, misi, tujuan dan sasaran, dengan memperhatikan berbagai masukan dari sivitas akademika dan para alumni S1 Teknik Mesin/ Elektro/ Industri yang sudah memiliki posisi penting di dunia industri.
  3. Ketua Program Studi (KaProdi) Magister Teknik Mesin menyampaikan rancangan visi, misi, tujuan, dan sasaran kepada Dekan, untuk selanjutnya dipresentasikan di Senat Fakultas untuk mendapatkan persetujuan Senat.
  4. Visi, Misi, Tujuan dan Sasaran Prodi Teknik Mesin digabungkan menjadi satu kesatuan di dalam Kurikulum Prodi Magister Teknik Mesin yang disahkan dengan keputusan Rektor.
  5. Visi dan misi Prodi Teknik Mesin memiliki tiga nilai dasar, yakni: (1) keunggulan mutu akademik (2) berorientasi nasional dan regional, dan (3) berlandaskan nilai inti Atma Jaya dan budaya Indonesia.

 

 

 

 

 

 

 

S S R K J S M
            1
2 3 4 5 6 7 8
9 10 11 12 13 14 15
16 17 18 19 20 21 22
23 24 25 26 27 28 29
30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved