EN | ID
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Sejarah

1   SEJARAH SEKOLAH PASCASARJANA

Sekolah Pascasarjana (SPs) Universitas Katolik Indonesia (Unika) Atma Jaya merupakan salah satu dari tiga program pertama pada perguruan tinggi swasta, yang dipilih oleh pemerintah. Dengan SK Mendikbud No 434/Dikti/Kep/ 1992 Program Studi yang pertama didirikan di Unika Atma Jaya adalah Program Studi Linguistik Terapan dengan fokus pada bahasa Inggris (LTBI). Kurikulum LTBI dibuat berdasarkan studi banding dengan  perguruan tinggi di dalam negeri maupun luar negeri. Pada garis besarnya Program Studi ini mengikuti pola Amerika di mana mahasiswa diwajibkan mengambil 12 matakuliah untuk memperluas cakrawala keilmuan mereka.

Program Studi LTBI diikuti oleh Program Studi (Program Studi) Manajemen (MM) yang didirikan pada tahun 1993 dengan SK Mendikbud No. 454/Dikti/Kep/1993. Kurikulum Program Studi MM didasarkan pada studi tentang program-program yang serupa dengan fokus utama pada pengembangan kemampuan dalam berbisnis. Dengan adanya matakuliah umum dan peminatan, kurikulum MM dapat membawa mahasiswa ke bidang yang dipilihnya.

Program Studi LTBI ditingkatkan jenjangnya dengan menambah program doktor pada tahun 2001 dengan SK Mendikbud No. 328/D/2001. Sementara itu, Program Studi Profesi Psikologi juga didirikan di Fakultas Psikologi pada tahun 2005.

Dalam perencanaan ke depan, SPs menangani hal-hal yang ber-kaitan dengan administrasi program, sedangkan pelaksanaan pendidikan akademik dilaksanakan oleh Fakultas. SPs menangani pula pelaksanaan pendidikan akademik bila bidang studi program tersebut tidak memiliki basis di program sarjana atau merupakan program antardisiplin.

 

2   FASILITAS DI KAMPUS

SPs berlokasi di Gedung I.J. Kasimo, Lantai 7, kampus Semanggi. Lokasi ini mudah dicapai dengan Trans Jakarta oleh mereka yang bekerja di daerah kota sampai dengan Blok M dan tempat-tempat lain bila sistem busway telah lebih berkembang. Untuk menghindari peraturan three in one, mahasiswa yang memakai mobil dapat masuk kampus melalui pintu samping, lewat depan Hotel Aston, lalu ma-suk dari samping Plaza Semanggi. Untuk tempat parkir mahasiswa juga tersedia gedung parkir khusus di Gedang Yustinus di depan Hotel Aston.

Di tengah kota yang langka dedaunan, Unika Atma Jaya merupakan kampus yang sejuk dengan banyaknya pohon yang masih dipertahankan sebagai penyejuk alami.

Ruang kelas maupun administrasi semuanya ber-AC dan tiap kelas dilengkapi dengan overhead projector atau LCD. Di SPs juga tersedia laboratorium komputer dan ruang berbincang-bincang untuk para mahasiswa. SPs juga mempunyai perpustakaan dengn koleksi buku, jurnal ilmiah nasional dan internasional yang mutakhir.

 

3   PENDIDIKAN DI SPs

Mengingat bahwa kebanyakan peserta adalah orang-orang yang sudah bekerja, maka sejak semula semua kuliah di SPs diberikan di sore sampai malam hari, dari hari Senin sampai dengan Kamis atau Jumat.

Untuk jenjang magister, mahasiswa dapat mendaftarkan diri untuk masuk pada semester Ganjil atau semester Genap. Untuk jenjang doktor, penerimaan mahasiswa dilaksanakan sekali setahun, yakni, pada semester Ganjil.

Dosen SPs Unika Atma Jaya memiliki pengetahuan formal dan praktikal yang dalam dan sangat luas. Sebagian besar adalah doktor atau profesor di bidangnya masing-masing yang telah memiliki jam terbang yang cukup. Lebih dari separuh dosen SPs adalah tamatan luar negeri.

Untuk memberi bekal yang seragam dan mutakhir mahasiswa wajib mengikuti matrikulasi selama satu bulan secara intensif sebelum kuliah dimulai. Dalam matrikulasi ini diberikan sejumlah matakuliah yang dianggap diperlukan oleh mahasiswa agar lebih mudah mengikuti perkuliahan.

S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28      
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved