EN | ID
 

Home » Fakultas » Info Fakultas

Peminatan Fakultas Hukum

PEMINATAN- PEMINATAN DI FAKULTAS HUKUM

Fakultas Hukum hanya memiliki satu program studi (prodi). Oleh sebab itu gelar Sarjana Hukum (SH) memiliki kesempatan bekerja dan berkarier di berbagai bidang. Sarjana Hukum dapat bekerja di perkantoran maupun perusahaan sebab di manapun dan kapanpun kantor/instansi maupun perusahaan pasti memerlukan Sarjana Hukum. Profesi bagi Sarjana Hukum adalah: Hakim, Jaksa, Pengacara, Konsultan Hukum, Notaris, Corporate Lawyer, Biro Hukum Isntansi Swasta/Lembaga Pemerintah, LSM, Peneliti/Pengamat, dll.

Fakultas Hukum hanya ada satu jurusan namun setiap mahasiswanya biasanya terbagi-bagi dalam Peminatan atau Program Kekhususan. Fakta di lapangan, cukup banyak Sarjana Hukum yang mengambil peminatan Hukum Internasional akan tetapi menjadi Notaris. Bahkan tidak sedikit Sarjana Hukum mengambil peminatan Hukum Pidana tetapi justru bekerja di Bank. Hal ini dapat terjadi dikarenakan di Fakultas Hukum hanya ada satu jurusan yaitu Hukum. Inilah yang memudahkan Sarjana Hukum dapat memasuki berbagai lapangan tenaga kerja.

Di Fakultas Hukum Unika Atma Jaya Jakarta, setiap mahasiswanya wajib mengambil Peminatan. Setiap mahasiswa dapat memilih Peminatan yang diambil/ dikehendaki. Seluruh mahasiswa yang mengambil Peminatan apapun sama dalam mengambil mata kuliah sesuai Kurikulum sebanyak 144 SKS (sebanyak 126 SKS semua mahasiswa sama). Adapun yang membedakan antara peminatan yang satu dengan yang lain adalah:
- Harus mengambil sebanyak 7 (tujuh) mata kuliah Wajib Peminatan (14 SKS) sesuai Peminatan yang diambil
- Harus menyusun Penulisan Hukum/Skripsi (4SKS) dengan topic/judul atau materi sesuai Peminatan yang diambil

Program Peminatan yang ditawarkan dan dapat diambil oleh mahasiswa Fakultas Hukum Unika Atma Jaya adalah:
1. Peminatan Hukum Perdata
2. Peminatan Hukum Pidana
3. Peminatan Hukum Tata Negara
4. Peminatan Hukum Internasional
5. Peminatan Hukum Ekonomi Bisnis

1. Peminatan Hukum Perdata

 

Peminatan ini umumnya diminati oleh mahasiswa yang ingin menjadi Notaris. Bisa juga diminati oleh mahasiswa yang setelah lulus dapat menjadi Sarjana Hukum yang mengurus hal-hal terkait Perjanjian dan masalah Waris.

Dalam Peminatan ini akan mempelajari dan focus pada hukum perjanjian dan perbuatan cidra janji (wanprestasi), masalah ganti rugi dan sengketa perdata lainnya, bermacam-macam bentuk perjanjian, wakaf, waris, pembagian harta gono gini,kedudukan anak dan orang tua, adopsi anak, hukum jaminan , penyelesaian sengketa di luar pengadilan, hukum acara perdata, dl

2. Peminatan Hukum Pidana

 

Peminatan ini biasanya akan diambil oleh mahasiswa yang berminat di bidang Pencegahan dan Penanggulangan Kejahatan. Lulusan Peminatan Hukum Pidana diharapkan dapat bekerja sebagai Hakim, Jaksa , Pengacara, Konsultan Hukum dan Profesi lain yang berkaitan dengan masalah Pidana.

Dalam Peminatan Hukum Pidana, mahasiswa akan mempelajari: Hukum Penitensier,Tindak Pidana Narkotika, Tindak PidanaTeroris, Tindak Pidana Korupsi, Cyber Law, Tindak Pidana Perdagangan Anak, Pencemaran Nama Baik, Perbuatan Tidak Menyenangkan, Corporate Criminal, Kekerasan Dalam Rumah Tangga, Penegakan Hukum Pidana Internasional dan masalah-masalah lain yang terkait bidang pidana.

3. Peminatan Hukum Tata Negara

 

Peminatan Hukum Tata Negara memfokuskan pada masalah kenegaraan dan administrasi Negara. Peminatan Hukum Tata Negara akan lebih cocok bagi mereka yang akan masuk dalam birokrasi pemerintahan dan lembaga Negara.

Dalam Peminatan Hukum Tata Negara akan mempelajari: Lembaga-lembaga Negara, Hubungan Antar Lembaga Negara, Tugas dan Fungsi Organisasi Negara, Peraturan Perundang-undangan, Pajak, Keuangan dan Kekayaan Negara, Otonomi Daerah, Pemerintahan Daerah, Pemekaran Daerah, Pemilu, PILKADA, dsb.

4. Peminatan Hukum Internasional

 

Peminatan Hukum Internasional biasanya diminati mahasiswa yang ingin meniti karier di Kementerian Luar Negeri atau meniti karier Diplomatik dan Konsuler atau bekerja pada lembaga-lembaga Organisasi Internasional maupun Regional.

Dalam Peminatan ini akan berfokus pada masalah-masalah Innternasional: Diplomatik dan Konsuler, Hukum Udara dan Ruang Angkasa, Penyelesaian Sengketa Internasional, Kerjasama Internasional, Lembaga-Lembaga Organisasi Internasional, Hukum Humaniter, Hukum Uni Eropa, dsb.

5. Peminatan Hukum Ekonomi Bisnis

 

Peminat dari Hukum Ekonomi Bisnis dapat diharapkan meniti karier dalam menekuni pekerjaan menjadi Konsultan Hukum Perusahaan dan Pengacara terkait bidang bisnis misalnya sengketa merek, hak cipta, perlindungan konsumen,masalah perburuhan, sengketa dagang, masalah kepailitan, hukum penanaman modal dan pasar modal, perdagangan internasional dan regional, masalah WTO dan GATT.

S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28 29 30 31
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved