EN | ID
 

Home » Info Atma Jaya

Sambutan Rektor

 

 

           “Untuk Tuhan dan Tanah Air”, begitu para pendiri Atma Jaya merumuskan jati dirinya. Kini setelah setengah abad lebih berdiri, upaya mengkontektualisasi semangat pendiri pada perkembangan kontemporer menjadi perhatian seluruh civitas academica. Pada peringatan Lustrum XI tahun 2015, diketengahkan tema besar “Tumbuh Bersama Bangsa”. Pilihan tema ini menegaskan sekali lagi, Atma Jaya dan perkembangan bangsa tak bisa dipisahkan. Karena memang itulah alasan adanya, raison d’etre.

 

           Pada periode 2015-2019 ini, adalah momentum penting bagi komunitas Atma Jaya, karena Kampus BSD akan mulai beroperasi. Dengan begitu, Unika Atma Jaya akan memiliki tiga kampus, yaitu Kampus Semanggi, Pluit dan BSD. Dalam Rencana Pengembangan Jangka Panjang (RPJP) Atma Jaya 2015-2029 tiga kampus akan memiliki kekhasan dalam pelayanan pada bangsa. Kampus Semanggi akan menjadi pusat kegiatan pengembangan masalah bangsa (Center for Nation Development); Kampus BSD akan menjadi pusat kegiatan pengembangan manusia (Center for Human Development). Sementara Kampus Pluit, yang terdiri dari Fakultas Kedokteran dan Rumah Sakit Atma Jaya, akan didedikasikan sebagai pusat kegiatan pengembangan masalah kesehatan (Center for Health Development).  

 

               Saat ini, Unika Atma Jaya memiliki 18 Program Studi S-1, 8 Program Studi S-2, 2 Program Studi Profesi dan 1 Program Studi Doktor. Di bidang penelitian, terdapat 4 Pusat Penelitian dan 1 Pusat Pemberdayaan Masyarakat di bawah koordinasi Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM). Mereka adalah Pusat Penelitian HIV-AIDS (PPH), Pusat Kajian Pembangunan Masyarakat (PKPM), Pusat Kajian Budaya dan Bahasa (PKBB) dan Pusat Pengembangan Etika (PPE). Di Pluit ada Pusat Penelitian Kesehatan (Puslitkes). Sementara Pusat Pengabdian Masyarakat (PPM) merupakan wadah kegiatan pengabdian kegiatan lintas fakultas. Selain itu, Atma Jaya juga memiliki Lembaga Afiliasi Ilmu Terapan (LAIT) yang mengkoordinir berbagai program kursus (Pusat Pengajaran Bahasa), penerbit dsb.

 

              Ke depan Kampus Semanggi akan menjadi sentral pengembangan program S-2, kursus, sertifikasi dan program non-gelar lainnya. Selain pusat kegiatan penelitian, baik yang bersifat akademis maupun terapan. Kampus Semanggi akan menjadi semacam integrator bagi Bisnis-Pemerintah-Masyarakat. Kampus Pluit memiliki sejarah panjang dengan berbagai program, salah satunya dengan Pemerintah Daerah DKI Jakarta. Program seperti Rain Water Harvesting (RWH) di beberapa titik di Jakarta merupakan sinergi antara kampus, dunia industri, pemerintah dan masyarakt luas.

 

           Selain masalah kebangsaan, para pendiri juga sangat perduli dengan masyarakat terpinggirkan. Maka Atma Jaya sebagai bagian dari perguruan tinggi Katolik menerapkan prinsip Preferential Option for the Poor. Semangat membangun bangsa dengan prinsip kepedulian itulah yang kami terjemahkan sebagai pendekatan Universitas berwawasan Kewirausahaan-Sosial.  Pada periode 2015-2019, kami memiliki tiga pilar pokok program kerja, yaitu meningkatkan Reputasi Akademik, mempercepat Tranformasi Organisasi serta meningkatkan Kepedulian Sosial.  Melalui upaya sistematis dan berkelanjutan, kami yakin Unika Atma Jaya akan menjadi salah satu universitas rujukan di tanah air.

 

 

Jakarta, 1 Desember 2015

 

 

Dr. Agustinus PRASETYANTOKO

REKTOR Unika Atma Jaya

 

S S R K J S M
    1 2 3 4 5
6 7 8 9 10 11 12
13 14 15 16 17 18 19
20 21 22 23 24 25 26
27 28      
bottom
Copyright © 2016 Universitas Katolik Indonesia Atma Jaya - All right reserved